mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Jembatan Hanoman Jadi Ikon Wisata Baru Pantai Balekambang

Published on Nov 18 2017 // SosEkBis

Kabupaten Malang, (MR) – Jembatan Hanoman bakal menjadi ikon baru pariwisata di kawasan Pantai Balekambang, Kabupaten Malang. Jembatan yang menguhubungkan tepi Pantai Jembatan Panjang dengan Pulau Hanoman itu telah diperbaiki dan diresmikan oleh Bupati Malang, Rendra Kresna dalam pembukaan Malang Beach Festival 2017, Sabtu (11/11).

Jembatan Hanoman seperti diketahui baru diperbaiki selama hampir 2 tahun terakhir, setelah bertahun-tahun lamanya mangkrak karena pembangunannya terhenti. Panjang jembatan ini mencapai kurang lebih 1 kilometer.

Dengan berdirinya Jembatan Hanoman ini, wisatawan kini dapat berkeliling Pulau Hanoman dan melihat pemandangan laut dari atas bukit pulau tersebut. Jadi wisatawan yang datang ke Pantai Balekambang selain dapat menikmati keindahan Pura di Pulau Ismoyo kini ada tempat baru lagi untuk sekedar berswafoto. “Jembatan Hanoman akan jadi ikon wisata yang akan melengkapi yang telah ada di pantai Balekambang,” kata Bupati Malang,

Rendra Kresna saat meninjau Pulau Hanoman. Pembangunan Jembatan Hanoman ini dipelopori oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Malang. Pembangunan jembatan ini menelan anggaran APBD sebesar Rp 2,35 miliar. Tidak hanya pembagunan jembatan saja, akses jalan di dalam Pulau Hanoman juga dibangun untuk memudahkan wisatawan. Ada beberapa spot foto serta gazebo yang dapat digunakan wisatawan untuk sekedar melepas lelah.

Jembatan Hanoman sendiri memiliki gaya arsitektur yang megah. Dengan adanya Jembatan Hanoman diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan. “Ini sangat indah, tidak kalah dengan wisata pantai di luar negeri atau dalam negeri,” pungkas Rendra.

Lokasi Jembatan Hanoman ini berada di Pantai Jembatan Pajang atau ujung barat kawasan Pantai Balekambang. Untuk menuju ke Jembatan Hanoman atau Pulau Hanoman, wisatawan harus melalui Pulau Wisanggeni dan berjalan kaki kurang lebih 2 kilometer atau 10 menit dari Pantai Balekambang. >>GIT

Leave a comment