JASA RAHARJA TUNGGU TAGIHAN BIAYA PERAWATAN KORBAN KM KARYA INDAH DARI RSUD SULA

Kepala Kantor JASA RAHARJA TERNATE M. NURUL SUBEKTI

Ternate, (MR) – Penumpang yang menjadi korban atas musibah kebakaran yang menimpa KM Karya Indah dipastikan akan segera mendapat jaminan asuransi dari PT Jasa Raharja . Pembayaran jaminan asuransi ini menjadi kewajiban perusahan BUMN tersebut dengan mengacu pada beberapa aspek yang harus dipenuhi oleh pihak operator kapal semisal IWKL atau Ijin Wajib Kapal Laut .

Untuk pembayaran jaminan asuransi korban kecelakaan laut tersebut pihak Jasa Raharja lagi menunggu rincian biaya perawatan dari Rumah Sakit Umum Daerah RSUD SULA . ” Ini menjadi dasar bagi PT Jasa Raharja dalam memenuhi kewajiban membayar klaim santunan atau jaminan asuransi tersebut . Dan untuk IWKL KM .Surya Indah telah memenuhi kewajibannya jadi tidak ada masalah untuk itu ” tegas kepala Jasa Raharja Ternate ,M .Nurul Subekti .

Menurutnya Jasa Raharja juga tetap menjalin kerja sama dengan RSUD Sula termasuk instansi yang punya otoritas di bidang keselamatan dan keamanan laut seperti KSOP dan BASARNAS . ” Kita tetap melakukan komunikasi dan kordinasi dengan RSUD Sula juga informasi yang kita dapatkan jumlah korban keseluruhan adalah 4 orang . Mereka para korban kecelakaan KM Karya Indah ini mengalami luka ringan dan telah selesai menjalani perawatan . Kalaupun ada temuan korban baru entah meninggal dunia , luka berat ataupun ringan maka kita tetap kordinasi bukan hanya dengan pihak Rumah Sakit tapi juga dengan instansi yg berwewenang tersebut . Singkatnya Jasa Raharja tetap berkewajiban untuk membayar klaim santunan atau jaminan asuransi , kewajiban ini diberikan khusus untuk korban dan bukan untuk jumlah penumpang . Jadi kita fokus pada korbannya saja ” jelas Nurul Subekti .

Nurul juga berharap kepada setiap pemilik kapal yang beroperasi dalam zona perairan Maluku Utara agar dengan kesadarannya dapat memenuhi kewajiban membayar IWKL sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No 33 tahun 1964 . Ia juga berharap kepada setiap pengguna moda transportasi laut agar senantiasa taat pada aturan seperti harus membeli tiket di petugas loket juga senantiasa mengisi daftar manifest penumpang . Ini dalam rangka untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan terkait keberadaan penumpang. (KOKO ATENG MRC)

 89,948 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.