Jasa Raharja Berkomitmen Membayar Santunan Korban Kecelakaan Darat, Laut Dan Udara

Maluku Utara, (MR)
Sebagai perusahaan asuransi sosial yang mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, terutama masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang umum, jasa raharja terus meningkatkan kualitas layanana guna memenuhi ekspektasi masyarakat. Sejak diterbitkannya Undang-Undang No.2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian terhitung 1 Januari 1994, Jasa Raharja melepaskan usaha non wajib dan suretybond dan kembali menjalankan program asuransi sosial yakni sebagai pengelola UU No.33 dan 34 Tahun 1964. Perubahan regulasi ini membuat jasa raharja terus fokus melakukan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

Di wawancarai MR, Kepala Perwakilan Jasa Raharja Propinsi Maluku Utara Masril Hulima, SE menjelaskan melalui Motto “Prime” proaktif, ramah, ikhlas, mudah dan empaty kami tetap proaktif mengedepankan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama masyarakat Maluku Utara.

Berdasarkan angka prosentase kecelakaan korban meninggal dunia sampai dengan tahun 2015, untuk Maluku Utara masih didominasi oleh Kota Ternate dan Tobelo. Berdasarkan regulasi perwakilan Jasa Raharja Propinsi Maluku Utara telah memenuhi kewajiban membayar santunan kepada korban kecelakaan tersebut. Namun lanjut Masril, pihak korban harus memenuhi prosedur pemberian santunan yang ditetapkan oleh Jasa Raharja yakni mengisi formulir yang selanjutnya diajukan ke Jasa Raharja dengan melengkapi dan melampirkan laporan polisi atau keterangan kecelakaan, keterangan kesehatan dari dokter dan KTP. “Kalaupun ada korban yang meninggal, kita akan cek ke Instansi terkait baru langsung ke rumah korban.” Paparnya.

Terkait biaya santunan telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No.36 dan No.37 tahun 2008. regulasi tersebut mengisyaratkan bagi korban meninggal dunia untuk kecelakaan di laut dan di darat biaya santunannya adalah Rp. 25.000.000,. Korban meninggal dunia untuk transportasi udara, santunanya Rp. 50.000.000, sementara untuk korban luka-luka dalam kecelakaan darat dan laut, biaya santunannya Rp 10.000.000,.
Guna mengefektifkan juga program Jasa Raharja intens melakukan kerja sama dengan instansi Kepolisian Daerah khususnya Satuan Lalu Lintas, Dinas Perhubungan dan pihak ASDP. >>Ateng/Saleh

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.