Jalan Panjang Pemekaran Desa dan Ranperda Penyertaan Modal Kepada Perusda

Natuna,(MR)

SIDANG Paripurna dan penyampaian pendapat akhir Fraksi DPRD Natuna, dalam rangka Ranperda pembentukan desa Jermalik, Desa Pangkalan kecamatan Serasan dan Desa Selaut kecamatan Bunguran barat, segera dimulai. Penantian panjang, selama ini di rasakan kan oleh warga terwujud sudah. Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Hadi Candra, berjalan lancar. Sesuai dengan jumlah kwota yang hadir maka Sidang Paripurna dapat dilanjutkan, ujar Hadi Candra memulai Acara.

Undang-undang no 32, tahun 2004, telah memberi pengaturan baru tentang Desa, agar desa lebih mandiri. Dimana tidak lagi merupakan adminitrastif, namun sebagai unit Pemerintahan, yang dapat memiliki kewenangan, untuk mengatur kepentingan masyarakat. Pemekaran Desa diajukan, selain memperpendek rentan kendali, juga memperlancar pelayanan kepada masyarakat. Demi mempercepat roda pembangunan. Disisi lain, pembentukan desa ini, dapat lebih mensejahterakan kehidupan masyarakat, serta menikmati pembangunan yang ada, agar sesuai dengan visi misi Bupati Natuna, yakni Sejahtra Merata dan Seimbang. ujar Ngesti saat membacakan pendapat Fraksi Golkar Plus.

Raperda pembentukan Desa Jermalik, Pangkalan, kecamatan Serasan, sudah diusulkan sejak lama. Setelah melalui pembahasan diruang Paripurna, serta hasil dari koordinasi dari Departemen terkait, hari ini baru mendapatkan hasil. Tentu jika dimekarkan akan mendapat keuntungan kepada masyarakat dan Pemerintah setempat.

Hari ini ada sekitar 38 Desa dan 1 Kelurahan yang sudah memasukkan proposal kepada Pemerintah untuk dikaji agar segera dimekarkan. Untuk itu Golkar Plus meminta agar masyarakat yang sudah memasukkan usulan pemekaran agar bersabar. Sebab proses pembentukan desa memerlukan kajian yang dalam. Kendati demikian 35 proposal desa dan 1 kelurahan tetap akan diakomodir dalam 2 tahun kedepan.

Dengan terbentuknya Desa baru, tentu akan menyerap dana, oleh karena itu diharapkan Desa yang baru dimekarkan, agar benar-benar memanfaatkan dana tersebut untuk pembangunan dan kelancaran pelayanan masyarakat. Selain itu Ranperda penanaman modal untuk Perusda diharapkan mampu meningkatkan kinerja serta dapat menambah pendapatan daerah.

Dari ke 4 praksi di DPRD Natuna, dari hasil pendapat akhir praksi, semuan menyetujui dilakukannya pemekaran desa dan penyertaan modal kepada Perusda, demi suksesnya Visi Misi Bupati Natuna. Namun demikian perlu kebersamaan dan ketentraman untuk menentukan tapal batas Desa yang baru dimekarkan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. >> Roy

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.