Jadi Anak Tiri, Natuna Siap Hengkang Dari Kepri?

 

Natuna(MR)- Kurangnya perhatian Pemerintah Provinsi Kepri kepada Kabupaten Natuna, membuat kesal Hamid Rizal.

Hal tersebut dikatakan Bupati Natuna saat membuka acara Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender Bagi Aparat Desa ,dilaksanakan di Hotel Tren Center 26/02/2020. Jalan Pramuka Ranai.

“Kini Natuna menjadi perhatian penuh”, apa yang di usulkan jarang di tolak. Ada hikmah dibalik kita menerima WNI dari Wuhan kemarin. Salah satu penghargaan pemerintah pusat kepada Natuna, akan menganggarkan berbagai fasilitas pembangunan.

Namun Hamid tidak meminta banyak, kiranya Natuna dapat di Jadikan Provinsi Khusus. Mengingat Provinsi Kepri bagai menganak tirikan kami.

Permintaan Bupati ini memang sangat beralasan, sebab sejak Natuna di tempatkan menjadi lokasi observasi 238 WNI dari Wuhan, berbagai Pejabat Pusat hadir disini. Bahkan Kapolda maupun Danrem, ikut andil dalam giat kemanusiaan itu. Sayangnya Gubernur Kepri maupun Sekdanya, tidak pernah menampakkan diri di Natuna. Ia hanya mengutus, Asistennya hadir di Natuna, itupun cuma sekali.

Selanjutnya Hamid menyampaikan, jika Dirinya telah berkordinasi dengan Bappenas, agar Natuna dan Anambas bisa Jadi Provinsi. Jika itu terjadi, peluang kerja dan peningkatan ekonomi terbuka lebar.

Disisi lain, UU 23 tahun 2014, untuk wilayah khusus perbatasan, sangat merugikan Kabupaten. Karena semua yang menyangkut  kehutanan, Kelautan, pertambangan, dan pendidikan.harus izin dulu. “Wewenang Kabupaten sudah diambil Provinsi”.

Persoalan menjadi timbul ketika, Kepala Sekolah minta bantuan pemerintah daerah,. Jika dibantu jadi korupsi, kita serba salah. Sementara perhatian Provinsi bagi daerah  kurang.

Saya bilang kepada Gubernur provinsi, Natuna macam anak tirinya. Pembagian tidak adil, Natuna hanya dapat 20 millyar, Anambas,24 millyar. Lalu Kabupaten Kota lain Berapa?.

” Natuna merasa dilecehkan. Kalau begini siap-siaplah Natuna jadi Provinsi”, sesal Hamid.

Kalau kita jadi Provinsi, hasil migas dan laut, menjadi milik kita semua. Peluang Natuna-Anambas sangat besar.

Oleh karena itu, kita tunjukkan ke pemerintah pusat, semua program dilaksanakan cepat, termasuk gender.

Keinginan Masyarakat Natuna jadi Provinsi, sudah dibahas komsis 2 DPR RI.
Hamid mengimbau, untuk mendukung dan bekerja sama./Roy.

Loading

Related posts