mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Jabatan Sultan HB X Diperpanjang Satu Tahun lagi

Published on Sep 30 2011 // Berita Utama

Jakarta (MR)

Sultan Hamengkubuwono X hanya bersedia memper-panjang jabatannya sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama setahun.

Usai pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Kepresi-denan, Jakarta, Selasa malam, Sultan mengatakan kesediaan-nya untuk hanya diperpanjang selama setahun itu diharapkan bisa mempengaruhi psikologi politis eksekutif dan legislatif guna mempercepat pemba-hasan RUU Keistimewaan Yog-yakarta. “Karena dengan satu tahun itu supaya ada pemaha-man pada publik bahwa antara DPR dan eksekutif itu punya kemauan untuk menyelesaikan RUU secepat mungkin,” ujar-nya.

Sultan menegaskan waktu setahun itu harus cukup bagi DPR untuk menyelesaikan pembahasan RUU Keistime-waan Yogyakarta. DPR mau-pun pemerintah, lanjut dia, harus bisa memperlihatkan kepada publik bahwa mereka memang memiliki keseriusan untuk menyelesaikan RUU tersebut. “Jadi yang penting bagi saya, RUUK itu harus selesai. Jangan dua tahun atau tiga tahun untuk memper-panjang jabatan gubernur, tapi maksimal satu tahun supaya dengan satu tahun itu publik melihat ada keseriusan dari legislatif maupun eksekutif untuk menyelesaikan RUUK,” tuturnya.

Meski demikian, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang ikut dalam pertemuan berlangsung sekitar 30 menit itu mengatakan Sultan akan menjabat Gubernur DIY paling tidak tiga tahun lagi hingga 2014.

Karena, menurut dia, di dalam draft RUU Keistimewaan Yogyakarta yang diajukan pemerintah tercantum pasal peralihan yang mengatur masa transisi kepemimpinan selama dua tahun sejak RUU tersebut disahkan. “Ini kan perpanja-ngan satu tahun, diharapkan RUU selesai dalam satu tahun. Andaikata RUU selesai, dalam draft kita sudah mencantumkan masa persiapan dua tahun,” jelasnya.

Gamawan mengatakan Pre-siden Yudhoyono segera me-ngeluarkan Keputusan Presi-den untuk memperpanjang jabatan Sultan selama satu tahun sebagai Gubernur DIY.

Keppres tersebut, lanjut dia, akan dikeluarkan sebelum masa jabatan Sultan habis pada 8 Oktober 2011. “Beliau sangat memahami, bagaimana perkem-bangan masyarakat Yogja, bagaimana perkembangan nasional, malah beliau yang menyampaikan satu tahun cukup supaya UU cepat dilahirkan,” tutur Mendagri.

Menurut dia, perpanjangan dua tahun jabatan Sultan dalam masa transisi apabila RUU Keistimewaan Yogyakarta telah disahkan oleh DPR sesuai dengan usulan pemerintah akan diatur dalam Peraturan Peme-rintah dan Peraturan Daerah.

?Dengan begitu nanti landasan perpanjangannya sudah berdasarkan UU yang baru. Kita berharap dalam satu tahun UU selesai, UU sudah diketok palu dalam satu tahun ini, kemudian ini nanti ada ruang untuk masa perpanjangan untuk menyiapkan PP dan Perda,? jelasnya.

Gamawan mengatakan saat ini pemerintah maupun DPR berusaha untuk mempercepat pembahasan RUU Keistime-waan Yogyakarta agar bisa selesai dalam waktu satu tahun di antaranya dengan mengin-tensifkan pembahasan di ting-kat panitia kerja. (Wisnu/Sukron)

Leave a comment