mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Ini Alasan Natuna Ingin Pisahkan Diri Dari Kepri.

Published on Apr 16 2018 // Natuna Membangun

 

Hamid Rizal: 1,8 T DBH, Natuna Hanya Kecipratan 6 Milyar?

Natuna (MR)- Berdiri tegak didepan ratusan masyarakat, Lelaki berfostur tinggi itu dengan lantang menyuarakan keinginannya, membentuk Provinsi Khusus.

Keinginan itu tidak terlepas ,mengingat Gubernur Kepri Nurdin Basirun, pilih kasih, terhadap 6 Kabupaten Kota yang ada di Kepri.

Nurdin “dituding” ,hanya memperhatikan tanah kelahiran ,dari pada 6 Kabupaten Kota lainnya.

Kabupaten Karimun jadi perhatian khusus Nurdin.Karena berbagai pembangunan selalu difokuskan kesana.Bahkan pembagian sapi kurban, pada tahun lalu, sangat jelas perbedaannya.

Ada 6 Kabupaten Kota mengalami defisit anggaran. Namun Kabupaten Karimun malah bertambah.Hal tersebut terungkap saat Musrenbang Provinsi bulan lalu..6 Kabupaten Kota, dibuka anggarannya, namun Karimun tidak ditampilkan.Ini jelas ada yang ditutupi.

Belum lagi soal pembagian DBH.Tahun lalu Natuna mendapatkan hasil DBH, 1,8 Trillyun, namun yang diberikan kepada Natuna hanya 6 millyar. Dimana letak keadilannya. Kalau dulu masih ada wewenang Bupati 1-4 mil dari Darat. Sekarang semua sudah diambil oleh Gubernur. Lalu timbul pertanyaan, Kenapa kita ,tidak ambil saja peluang jadi Provinsi?.

Sebab Natuna Anambas layak dimekarkan ,mengingat daerah ini, merupakan Daerah pesisir, Terletak di tengah Negara Asean, dan sangat rentan terjadi gesekan.

Ditetapkannya Natuna jadi Daerah pertahanan, oleh Presiden Jokowi, memberi peluang besar bagi Natuna Anambas untuk memisahkan diri Kepri.

Banyaknya kekayaan alam terkandung didalam, membuat Daerah ini, jadi Primadona Negara Luar.Apalagi ada Rencana vietnam akan membangun terusan kera, maka Natuna bakal diuntungkan, mengapa? Natuna Aanambas bakal menjadi tempat transit Bagi kapal kapal cargo.Ini akan menambah PAD.

Pemerintah pusat harus bisa memahami ini.Dalam segi jumlah penduduk ,Natuna memang belum memadai. Tapi dalam UU, no 23 tahun 2014, pasal 49 dan 50.tentang pemerintah daerah.berbunyi Pemekaran bisa dilakukan, jika daerah itu merupakan daerah Terluar.Merupakan Daerah Strategis Nasional, Dijadikan Daerah Pertahanan dan berada ditengah Negara Tetangga . Dari aturan itu, semua masuk kategori, Tidak satupun yang meleset .

Ia meminta doa restu masyarakat Natuna dan Anambas, agar sama sama mendukung terwujudnya Provinsi KAbuoaten Natuna Dan Anambas.Kajian semua sudah selesai. bahkan Saya berani melakukan pemaparan, di depan Presiden atau menterinya, tanpa buku panduan. kenapa ? karena semuanya sudah di luar kepala, ucap Hamid./Roy.

,

Leave a comment