mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

India Uji Rudal, Kloter Haji Indonesia Telat

Published on Sep 24 2012 // Berita Utama

Jakarta, (MR)
DIREKTUR Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, Anggito Abimanyu, mengemukakan bahwa kelambatan kedatangan kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Indonesia dari Batam, Kepulauan Riau, karena India uji peluru kendali (rudal).
Dalam keterangan singkat melalui telepon seluler di Jeddah, Jumat, ia mengatakan hal itu terjadi lantaran pertimbangan keamanan, sehingga maskapai penerbangan Saudia mengalihkan jalur melintasi Singapore.”Pihak Saudia mengurus proses over flying di Singapore,” kata Anggito.
Sementara itu, ia mengemukakan, kloter pertama dari daerah lain, seperti dari Medan, Sumatera Utara, menggunakan Garuda GA 3101 ke Jeddah terlambat satu jam dari jadwal semula. Hal ini akan terjadi juga terhadap dua kloter pertama dari daerah lainnya.
Kepala Daerah Kerja (Daker) Jeddah, Ahmad Abdullah, menyatakan bahwa kelambatan tersebut pernah juga terjadi karena beragam sebab yang di luar jangkauan pihak penerbangan, termasuk rute awalnya melintasi kawasan latihan perang.     Ia memperkirakan pada Jumat ini akan terjadi keterlambatan tiga kloter yang menuju Jeddah. Total kloter yang akan mendarat di Jeddah dan Madinah sebanyak 14 kloter, dengan rincian 10 akan mendarat di Bandara King Abdul Azis Jeddah dan empat mendarat di bandara di Madinah.
Daker Jeddah akan melayani totak 332 kloter dari 482 kloter dari Indonesia dengan anggota jemaah sekitar 130 ribu jemaah dan pada kepulangan sekitar 378 kloter dengan sekitar 150.000 jemaah. >>Nokipa

Leave a comment