mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

HUT Lahat Ke-148 Tahun Dinas Pariwisata Adakan Lomba

Published on May 24 2017 // Ragam

Lahat, (MR)
Untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Lahat yang ke-148 tahun 2017, pada perayaan yang ke XIX. Pemerintah kabupaten Lahat melalui Dinas Pariwisata menggelar acara tradisional berupa lomba Rakit yang ke XXV dan lomba beranyutan ban yang ke VII.

Di lepaskan langsung oleh Bupati Lahat H Saifudin Aswari SE, di dampingi oleh ibu ketua PKK Kabupaten Lahat, Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Damdim 0405, Kaporles Lahat Ketua Pengadilan Agama, jajaran SKPD, para Camat dan Kades di lingkungan pemerintahan kabupaten Lahat.

Sebanyak 1338 pesera beranyutan dan 79 tim rakit yang ikut memeriahkan acara ini, dengan start dilaksanakan di tepian sungai Lematang, tepatnya dibawah jembatan Tanjuk mulak, kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat dan Finish di tepian sungai Lematang dibawah jembatan Benteng Lahat, Minggu (7/5/17).

Dalan laporannya, kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat Drs. Deswan irsyad MPdi sebagai ketua panitia, “mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati Lahat, yang telah banyak membantu kegiatan ini sehingga melaksanaan lomba dapat terlaksanakan dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan, “Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan budaya tradisional rakyat Kabupaten Lahat, juga merupakan peluang bagi para pencinta rakit tradisional dan berayutan, untuk ikut berkopetisi menguji ketangkasan mengarungi arus deras di sungai Lematang. Kemudian dapat menarik minat berkunjung para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara ke kabupaten Lahat,” ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga guna mempererat silaturahmi dan persaudaran antar pemerintah daerah dan rakyat Kabupaten Lahat. Peserta yang berpartisipasi tahun ini sebanyak 79 tim untuk lomba rakit dan 1338 orang untuk lomba berayutan ban

“Sebagai panitia, kami telah menyediakam sejumlah hadia dan doorprize dengan hadiah uatama sebuah sepeda motor untuk perserta yang beruntung. Semua ini di berikan oleh Bupati Lahat sebagai bentuk kecintaannya pada rakyat kabupaten Lahat,” bebernya.

Di tempat yang sama, Bupati Lahat H Saifudin Aswari SE pun mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat berserta panitia, yang telah mengelar acara tradisional yang di miliki oleh rakyat kabupaten Lahat ini.

“Perlombaan rakit Dan beranyutan ini telah di ada setiap tahun. Selain sebagai hiburan ajang ini juga sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi, mudah-mudahan Kita akan terus melaksanakan kegiatan seperti ini kedepannya, sebab permainan ini merupakan warisan nenek moyang kita yang harus kita jaga dan selalu di lestarikan,” ujarnya. >>Nur

Leave a comment