Haris Buka O2SN Anambas

Anambas,(MR)
WAKIL Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris,SH membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD, SLTP dan SLTA tahun 2012 di Tarempa Pada Rabu (02/05) silam. Tidak hanya membuka, Haris juga menyuarakan tentang sportifitas kepada seluruh peserta O2SN yang memenuhi lapangan Sulaiman Abdulah Tarempa.
Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 500 orang kontingen dari 7 kecamatan yang berada di KKA ini akan mengikuti 7 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Ketujuh cabor tersebut antara lain adalah sepak bola mini, voli mini, sepak takraw, bulu tangkis, tenis meja, catur dan atletik.
Sementara itu peserta yang berprestasi akan dikirim ke tingkat O2SN Provinsi untuk mewakili KKA di ajang O2SN tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). “Ada 7 Cabor yang akan dipertandingkan. Dan bertandinglah dengan kemampuan terbaik dan dengan menjunjung sportifitas. Yang juara akan mewakili Anambas di tingkat Provinsi,” ujar Abdul Haris.
Haris mengaku sangat menyambut baik penyelenggara-an kegiatan ini karena merupakan sebuah moment yang tepat dan sangat berharga bagi siswa untuk berkreasi, berkreasi, berinovasi berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan dan menghargai kekuatan lawan.
Tidak hanya itu saja, Haris juga berpendapat ajang ini merupakan salah satu upaya yang baik untuk mempersiapkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Di KKA. Karena menurutnya tidak ada alternative bagi bangsa Indonesia untuk dapat berkompetisi dengan bangsa lain dalam berbagai aspek kecuali melalui penyia-pan SDM yang berkualitas. “Kita harus persiapkan potensi SDM kita. Jika tidak akan dapat dipastikan Bangsa Indonesia akan terus tertinggal oleh Negara lain terutama dalam lingkungan Negara Asean yang sudah banyak mengalami kemajuan,” pungkas Haris.
Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD, SMP dan SMA dinilai Haris tidak hanya berorientasi pada kejuaraan semata, tapi esensinya juga terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar. Memang benar dalam O2SN ini ada ajang kompetisi dan unjuk kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan lomba dan pertandingan tersebut merupakan ajang pembelajara terutama dalam hal olah pikir, olah hati dan olahraga serta pengembangan sikap dan kepribadian siswa seperti sikap saling menghormati, saling menghargai, solidaritas dan tolerasi. “Kalah menang dalam O2SN ini bukan tujuan utama, tetapi jadikanlah sebagai motivasi dalam rangka mencapai tujuan dan nilai hirarkie yang sebenarnya,” papar Haris.
Oleh karena itu Haris menghimbau kepada semua yang terlibat dalam acara ini untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Dirinya juga berkata semangat kerjasama, rasa persaudaraan dan persatuan sesama kontingen dipelihara dengan baik dan tetap mengedepankan semangat sportivitas yang tinggi. “Kegi-atan ini sangat penting untuk mendidik siswa. Jadi tolong jaga keamanan dan ketertiban kita, jangan ada perpecahan. Walaupun ini kompetisi, tapi harus tetap memupuk rasa persaudaraan. Dan terakhir tetap junjung sportifitas peserta,” pesan Haris. >> Eichiro/ Edo

Loading

Related posts