mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Denpasar Naik

Published on Jul 22 2012 // Berita Utama

Denpasar,(MR)
HARGA sejumlah kebutuhan pokok di Denpasar, Bali, belakangan terus melonjak. Kebutuhan pokok yang harganya naik antara lain gula pasir, minyak goreng, dan beras.
Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional di Denpasar dan sekitarnya, Kamis (19/7), harga gula pasir naik dari Rp 12.500 per kilogram (kg) menjadi Rp13.500. Sedangkan minyak goreng kemasan dari Rp 14.500 menjadi Rp15.000 per liter.
Di Pasar Badung harga minyak goreng dalam kemasan saat ini sudah mencapai Rp15.000 per liter. Sedangkan minyak sawit curah Rp12.000 per liter.
Sementara itu, harga beras IR 64 super lokal kini naik menjadi Rp8.200 per kg, padahal sebelumnya Rp7.500. Daging sapi kualitas II saat ini sudah mencapai Rp55.000 per kg.
Masyarakat, terutama ibu rumah tangga, tidak bisa berbuat banyak atas kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok. “Ya mau bagaimana lagi, ini kebutuhan pokok. Mau tidak mau harus dibeli, tapi terpaksa jumlahnya dikurangi,” kata Mang Ayu, seorang warga bilangan Kuta Utara, Kabupaten Badung.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali Ni Wayan Kusumawati mengakui adanya kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok, terutama daging sapi. Meski harganya naik, persediaan mencukupi hingga dua bulan ke depan. “Hingga September persediaan sembilan bahan pokok di Bali aman,” ujar Kusumawati. >> Nyoman AP

Leave a comment