Harga BBM Belum Naik, Harga Bahan Pokok Sudah Naik

Balikpapan,(MR)

Kendati harga bahan bakar minyak (BBM) belum jelas kenaikannya, tapi harga-harga bahan pokok di seluruh pasar tradisional di Kota Balikpapan telah mengalami kenaikan hingga 30 persen. Bahkan, beberapa komoditas lainnya telah dua kali mengalami kenaikan dalam Maret ini. Ini diakui Iya, salah satu pedagang di Pasar Klandasan bahwa yang telah mengalami dua kali kenaikan harga adalah telur.

Kini telur dijual Rp1.300 per butir, padahal sebelumnya hanya Rp1.000 per butir. Bahan pokok lainnya yang juga mengalami kenaikan adalah beras sebesar Rp1.500 per kilogram. Kini beras jenis premium dijual Rp10.500 per kg, padahal sebelumnya hanya Rp9.000 per kg.

“Harga sudah naik karena ada isu naiknya harga BBM. Harga ini kemungkinan bisa kembali naik, jika harga BBM sudah naik lagi,” ujarnya. Minggu (18/3).

Kenaikan harga tersebut karena harga dari distributor juga telah mengalami kenaikan. Terpaksa seluruh pedagang di pasar menaikkan harga.

Kenaikan harga juga terjadi pada air isi ulang. Jika sebelumnya hanya dijual Rp5 ribu per galon, kini telah dijual Rp7.500 per galon. Hal ini disebabkan sulitnya para pedagang mendapatkan BBM di SPBU yang semakin langka.

“Kami sudah menaikkan harganya. Kami harus antre lima jam untuk mendapatkan BBM sebanyak 2 liter saja. Kalau kami beli di pengecer harganya Rp12 ribu,” ujar Yudi, pedagang air isi ulang di kawasan Gunung Guntur, Kota Balikpapan. >> Mulia

 

Loading

Related posts