mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Hama Wereng Menyerang, Petani Gagal Panen

Published on Jan 21 2012 // Nusantara

Karawang, (MR)

Untung dan rugi dalam panen sudah menjadi hal yang lazim namun di Dusun Jayamulya Desa Jayamulya Kecamatan Cibuaya Karawang sebagian petani merugi karena adanya hama wereng menyerang sawah, pemilik sawah Runin serta pemilik sawah lainnya mengeluh karena pada musim panen kali ini mereka mengalami gagal panen pendapatanpun menurun drastis. Biasanya setiap panen Runin mendapat 6 ton padi per hektar namun pada musim panen kali ini hanya mendapat 2 ton padi per hektar.

Runin menuturkan kepada Wartawan MR “Saya sangat merasa rugi karena pada musim panen kali ini saya gagal panen, meskipun untung dan rugi sudah menjadi resiko para petani namun kegagalan panen kali ini disebabkan karena adanya hama wereng/ tikus sehingga padi menjadi menurun kualitasnya, menjadi murah tidak seimbang antara modal dengan penghasilan” ungkapnya ketika di temui dikediamannya (8/1) lalu.

Padahal bibit yang ditanam oleh para petani adalah bibit unggul, pupuk memadai dan pengairan yang cukup karena hama wereng menyerang tetap saja padi menjadi tidak bagus.

Masyarakat sekarang ini merencanakan untuk kedepan-nya akan menanam bibit dengan menggunakan Bibit Ciherang atau Batang Lembang menjaga agar kualitas padi tidak menurun.

Kepala Desa Jayamulya Asnawi menambahkan bahwa “Panen kali ini memang mengalami penurunan hasil, biasanya setiap panen pendapatan mencapai 99% kali ini hanya 35%, penghasilan di dapat oleh para petani khususnya para petani di Dusun Jayamulya. >> Warsian

Leave a comment