mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Guru Kelas 4 SD se-Kecamatan Barat Mengikuti Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Published on Oct 24 2017 // Pendidikan

Kotamobagu, (MR) – Pentingnya pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) membuat Dinas Pendidikan Kotamobagu membuat Diklat guru sekolah dasar tingkat kecamatan. pada kesempatan ini SDN 1 Kotabangon dipercaya menjadi tempat diklat se-Kecamatan Barat, Rabu (18/10).

Marietje Grace Siwy, S.Pd Ketua KKG Kotamobagu Barat sekaligus pembicara di Diklat mengatakan  pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme guru.  PKB adalah tindak lanjut dari penilaian kinerja Guru (PKG) yang dilaksanakan mulai tahun 2013. Untuk guru yang mendapatkan nilai dibawah standar, program pkb diarahkan untuk memperbaiki kompetensinya.

Program PKB juga di peruntukan untuk guru yang dalam program PKG telah mencapai atau sudah diatas standar.PKB untuk meningkatkan atau memperbaharui pengetahuan, keterampilan dan sikap profesionalitasnya, terang Siwy. Sonny Mawengkang, S.Pd kepala sekolah SDN 1 Kotabangon menambahkan Unsur kegiatan PKB terdiri dari tiga macam yaitu, pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Yang termasuk kegiatan pengembangan diri adalah mengikuti diklat fungsional dan melaksanakan kegiatan kolektif guru.

Kelompok atau musya-warah kerja guru untuk penyusunan perangkat kurikulum, seminar dan kelompok kerja guru (KKG) adalah contoh kegiatan kolektif guru. Publikasi ilmiah, kegiatan ini seperti presentase pada forum ilmiah, publikasi ilmiah berupa hasil penelitian, dan publikasi buku teks pelajaran.  Sedangkan keiatan PKB juga melalui karya inovatif, menemukan teknologi tepat guna, menciptakan karya seni, membuat alat peraga dan lain-lain, ungkap Mawengkang. >>Neni

Leave a comment