Gerakan Panen dan Tanam Padi di Kec. Pusakajaya Kab. Subang

Subang, (MR) – Pemerintah Provinsi Jabar melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat telah meresmikan Gerakan Panen dan Tanam Padi Musim Hujan Tahun 2017/2018 di Kec. Pusakajaya Kab.Subang baru baru ini.

Kegiatan tersebut dihadari oleh Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Kodam 3 Siliwangi, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Sekda Subang, Dandim 0605 Subang, Kapolres Subang, Kajari Subang, Danlanud, Jajaran Direksi PT. Sanghyang Seri, kelompok Tani Mekar Jaya Subang dan tamu undangan lainnya. Kabupaten Subang merupakan produsen benih padi terbesar di tingkat nasional dengan lahan panen yang luasnya 102 ribu hektare.

Dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa untuk tahun 2018 produksi padi Jabar ditargetkan akan mencapai 13 juta ton dari tahun sekarang yang sudah mencapai 12,5 juta ton.Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Hendi Jatnika menegaskan bahwa panen mendatang akan meningkat, dikarenakan musim tanam sekarang dimulai dengan musim hujan.

“Kami yakin optimis hasil panen di tahun mendatang akan meningkat,” katanya. Dalam Gerakan Panen dan Tanam Padi dilakukan penanaman dan panen dengan menggunakan mesin dan diperoleh 8.3 ton gabah kering pungut (GKP)/Ha. Menurut Bupati Subang melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Subang H Abdurrakhman menjelaskan, “potensi lahan pertanian di wilayah Subang sekitar 41% merupakan sawah. Jadi jika ada peningkatan teknologi maka akan kita dukung,” tuturnya. >>Dodi S 

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.