mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Gerakan Forum Komunikasi Umat Beragama Punya Peran Strategis di berbagai Daerah

Published on Nov 28 2016 // Berita Utama

foto-bersama-di-depan-gereja-hkbp-doloksanggulHumbahas, (MR)
Kunjungan FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) Kabupaten Kampar Provinsi Riau yang dipimpin langsung oleh Bapak Afrizal Abra, Kakan Kesbang Tibum Kabupaten Kampar Ke Kantor Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas).

Disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Humbahas bersama Ketua FKUB Kabupaten Humbahas Pdt. Jendyaman Gultom beserta Pegurus dan anggota FKUB Kabupaten Humbahas diruang rapat Sekretariat Daerah Komplek Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul pada hari Sabtu (19/11).

Ketua FKUB Kabupaten Humbahas Pdt. Jendyaman Gultom menyampaikan, harapan kami kerukunan umat beragama, toleransi antar umat beragama dapat berlangsung dengan baik di Pemkab Humbahas. Atas kehadiran FKUB Kabupaten Kampar, kami sambut dengan baik dan terimakasih telah meluangkan waktu berkunjung ke kabupaten Humbahas, kirannya kepengurusan FKUB dapat sesuai aturan Kementerian Agama RI adalah 17 orang yang terdiri dari rekan Agama Islam dan Rekan Agama Kristen dan Agama yang lainnya termasuk Hindu, Bundha dan aliran kepercayaan lainnya. Rincian keanggotaan dari masing-masing gereja untuk kepengurusan FKUB Kabupaten Humbahas terdiri dari jemaat HKBP, GKPI, HKI, GKLI, GPdI dan gereja lainnya.

Kabupaten Humbahas terdiri dari 95 % beragama Kristen dan selebihnya dari rekan Agama Islam 5 % sesuai dengan data BPS Kabupaten Humbahas Tahun 2016. “Kabupaten Humbahas memiliki hubungan antar umat beragama dan toleransi dimasyarakat Humbahas sangat harmonis, dibuktikan dengan salah satu contoh pada situasi dan keadaan perdagangan. Contoh antara rumah makan Khas Batak dapat melakukan aktivitas bersamaan yang berselahan dengan rumah makan Islam, tanpa ada gesekan. Dengan semboyan bahwa Damai Itu Indah didalam kehidupan antar umat agama di Kabupaten Humbahas selama ini tetap terjalin baik”. Terang Ketua FKUB Humbahas
Sekretaris Daerah Kabupaten Humbahas Saul Situmorang dalam sambutannya menyampaikan, kami sebagai penasehat FKUB Kabupaten Humbahas, sangat bersuka cita atas kujungan FKUB Kabupaten Kampar Riau, dengan tidak mengurangi makna petemuan kita ini, kami sangat mendukung gerakan ini untuk menjalin kerukunan umat beragama dan toleransi antar umat beragama ini perlu.

“Kami sampaikan dengan secara sepontan melakukan doa bersama bersama ASN, Jajaran Kepolisaian dan TNI dengan FKUB Pemerintah Kabupaten Humbahas, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah telah melakukan Doa Bersama demi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 18 Nopember kemarin. Sebagai wujud kemesraan dan keharmonisan hubungan antar umat beragama, sekaligus untuk mendoakan atas kondisi yang terjadi di Ibukota Negara RI Jakarta”, terang Sekdakab

Tambah Saul, saat ini Kabupaten Humbahas terdapat beberapa Pesantren di Kecamatan Tarabintang, sekolah Ml, MTs dan MA juga di Doloksanggul sebagai ibukota Kabupaten Humbahas dan Kecamatan Pollung beserta kecamatan lainnya yang tersebar di 354 desa dan 1 Kelurahan. Dengan kunjungan forum komunikasi umat beragama ini dapat semakin mesra hubungan antar umat beragama dan dapat beribadah sesuai dengan keyakinan masing – masing umat beragama.

Ketua FKUB Kabupaten Kampar Zulmermis, SH juga menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Kampar mempunyai 21 Kecamatan dan terdiri dari 250 desa, saat ini sedang mempersiapkan pilkada serentak tahap kedua. “Kami sangat gembira dengan informasi yang disampaikan, kiranya informasi ini dapat kami informasikan dengan harapan situasi damai boleh kami wujudkan di Kampar pada saat menjelang pilkada, harap Zulmermis, SH.

Pada Kabupaten Kampar banyak berdiri bangunan gereja kurang lebih 300 unit dan bangunan mesjid ada 700 unit yang tersebar di 250 desa. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 688.200.00 jiwa/ sensus tahun 2010. Mayoritas berpenduduk Melayu Minang, terang Zulhelmts. >>Tensi matondang

Leave a comment