Gemu Famire, Meriahkan HUT TNI 73, Di Perbatasan NKRI.

Natuna (MR)- Kurang Lebih  seribuan  masyarakat Ranai  pagi ini,,04/09/2018, tumpah ruah dilapangan pantai kencana. Kedatangan mereka untuk mengikuti senam massal Tari gemu  Famire ,berasal dari Provinsi NTT.

Gemu Famire  memang telah banyak dikenal  dan
beredar di ditengah masyarakat.

Bahkan  lagu Gemu Famire telah dijadikan sebagai musik senam ,  dengan nama senam Gemu Famire.Lagu Gemu Famire merupakan salah satu lagu daerah Nusa Tenggara Timur, diciptakan Nyong Franco, dibuat sebagai bentuk oleh-oleh bagi tamu dari luar , berkunjung ke Maumere. Ini  merupakan ungkapan jenaka nenek moyang, secara harfiah Gemu Famire memiliki arti “makan not fa mi re”.

Hari ini Dandim Natuna Letkol INF, Yusuf Rizal  ,mengajak TNI-Polri bersama  masyarakat Natuna melaksanakan senam Fee Famire , dalam menyambut  HUT TNI AD ke 73. Salah satu bentuk dukungan TNI-Polri bersama masyarakat di ujung Perbatasan, dalam upaya  pemecahan  Rekor Muri.

Pantai kencana pun dipadati lautan manusia, pengunjung, baik dari masyarakat biasa maupun TNI -Polri tumpah ruah .Dengan memakai ikat pita merah putih di kepala layaknya sebagai pejuang,  ,hadirin bergembira ria dalam melaksanakan senam famire

Dandim Natuna Letkol INF Yusuf Rizal  S.sos,  mengatakan, kegiatan ini, merupakan pertama kali di Natuna, dan merupakan instruksi dari Mabes TNI. ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia.Hal ini dilakukan  dalam upaya pemecahan rekor muri.

Tari Gemu Famire merupakan tari kegembiraan dan persatuan .ini bukan hanya milik TNI Polri, tapi semua lapisan masyarakat. Tanpa masyarakat TNI-Polri tak akan kuat dalam  mempertahankan NKRI. Ucap Yusuf Rizal.

Dandim Natuna juga mengajak hadirin mengumandangkan iyel iyel dengan kata, TNI -Polri ,Rakyat bersatu tak akan  terkalahkan.

Terima kasih ,semoga dengan iyel iyel ini, TNI -Polri semakin merakyat dan tidak terjadi gesekan. Mari Kita hidup rukun berdampingan di Pulau Terdepan NKRI. Jika ada permasalahan , selesaikanlah dengan kepala dingin.pinta Dandim.

Sementara itu, Helfina Yorda Yusuf Rizal, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Kodim 0318 Natuna, merasa puas dengan hasil dan kekompakan yang ikut melaksanakan tari famire .

Tari ini terkesan sangat pantas tis , karena dilakukan serentak di seluruh Indonesia . Ini merupakan arahan dari mabes TNI. Meski latihan hanya 1 Minggu , namun sangat kompak. Pada hal peserta nya seribuan.ucapnya. Semoga dengan kekompakan ini, semakin terjalin silahturahmi satu sama lain.

Hadir dalam kegiatan itu,  Komandan Lanud RSA Kolonel Pnb, Prasetiya Halim.,Komandan  Lanal Ranai Kolonel Latief.Harry Setyawan , Komandan Kodim Natuna Yusuf Rizal  , Ketua DPRD Natuna Komandan  Yon komposit , Kapolres Natuna diwakili Waka Polres Kompol Rehan, Kabag Ops Lanud Letkol Fanny , Satpol PP Damkar, Siswa SMU, SMP. Rapi .Subdenpom. Jala Senatri, satrad 212, Persit IKKT, Ibu Bayang kara./Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.