mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Empat Kabupaten di Kalsel Kekeringan

Published on Aug 23 2011 // Berita Utama

Banjarmasin (MR)

Kemarau panjang yang melanda wilayah Kalimantan Selatan dalam beberapa bulan terakhir menyebabkan sejumlah daerah di wilayah tersebut mengalami kekeringan. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, empat kabupaten mulai mengalami kekeringan. Yakni Kabupaten Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu, dan Kotabaru. “Keke-ringan menyebab aktifitas pertanian warga terganggu, juga memicu semakin menin-gkatnya kebakaran hutan dan lahan,” tutur Kepala BPBD Kalsel, Zainal Ariffin, Selasa (16/8).

Kekeringan juga berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Kalsel. Saat ini warga di sebagian daerah mulai

kesulitan mendapatkan air bersih. Di Kecamatan Aluh-aluh, Kabupaten Banjar, sebuah wilayah terpencil di pesisir Kalsel, telah mengalami kekeringan sejak sebulan terakhir. Warga setempat, terpaksa memanfaatkan air sumur dan air sungai yang mengalami interusi air laut, sehingga air menjadi asin.

Kekeringan juga menyebabkan arus transportasi sungai yang banyak digunakan warga pedalaman, ikut terganggu. Sungai yang surut, menyebabkan kapal tidak dapat berlayar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Suhardi Atmodirejo, menyebutkan saat ini sebaran titik api yang muncul di Kalsel mencapai 560 titik. Sepanjang Agustus ini saja, jumlah titik api mencapai 221 titik yang tersebar di 13 kabupaten dan kota. (Mulia)

Leave a comment