Dugaan Perbuatan Melawan Hukum Seorang Kepala Desa

Bekasi, (MR) – Banyaknya Kejanggalan dalam Pengelolaan Anggaran Desa Sukawijaya Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi Mengundang Perhatian Berbagai element Masyarakat. (29/06/2019)

Ketidak transparansi Kepala Desa dalam Mengelola Dana Desa, sarat Dengan Kesempatan Kepala Desa dalam Mengeruk Keuntungan Pribadi.

Menyikapi hal tersebut, sebuah Lembaga Swadaya masyarakat Komite Anti Mafia Peradilan dan korupsi Republik Indonesia yang biasa disebut LSM.KAMPAK- RI.

Melakukan Investigasi dan Monitoring di Desa Sukawijaya Kecamatan Tambelang yang sudah Lebih dari 2 Periode di Jabat oleh H.Harun.

Mengingat dari perkembangan Desa baik secara pembangunan infrastruktur maupun program pengembangan masyarakat masih belum signifikan dan Cenderung banyak kejanggalan.

Sekjen Indra Pardede ketika di konfirmasi Oleh Wartawan Media rakyat di kantornya di Grand Galaxi Blok RRG 9 Bekasi selatan.

Kami dari LSM KAMPAK-RI sudah melayangkan Surat Konfirmasi dari Tangggal 24 Juni kemaren terkait Pelaksanaan Penggunaan Anggaran Desa yang setelah kami lakukan observasi sangat bertolak belakang dari regulasi hukum yang seharusnya menjadi Acuan dan harusnya dipatuhi.

Namun sangat di sayangkan sampai sekarang kami belum mendapat respon positif dalam bentuk balasan surat Klarifikasi atau Penjelasan apapun dari Desa Sukawijaya.

Sudah beberapa kali kami ke kantor desa untuk mempertanyakan surat kami,namun Kepala desa tidak pernah bisa dijumpai.

Ketika kami coba lakukan Konfirmasi  ke rumah kediamannya Kepala desa Sukawijaya H.Harun yang tidak begitu jauh dari kantor Desa,kami mendapati beliau sedang di rumah salah satu warga yang jaraknya hanya beberapa meter dari rumahnya.

Terkesan Lucu namun Ironis beliau bukannya merespon secara Baik dan sopan santun seyogianya seorang Kepala Desa yang harus menjaga tata krama,Sikap dan menjadi contoh bagi masyarakat.

Malahan teriak-teriak marah dan sempat memancing warga disekitar,
Hampir di gebukin saya oleh warga karena tersulut emosi atau ke salah pemahaman yang disebabkan oleh teriakan dan marah-marahnya Pak Kepala desa.”Ujar Bang Indra.

Lanjut indra,Dalam hal ini Kami akan segera Melaporkannya ke Pihak Instansi Penegak Hukum terkait yang berkompeten atas adanya Dugaan Penyimpangan dalam Tata kelola Anggaran Dana Desa.

Berdasarkan Data dan Hasil Investigasi kami di lapangan ada beberapa Kegiatan Kepala desa sukawijaya KecamatanTambelang ini yang kuat dugaan kami sebagai sebuah Perbuatan Melawan Hukum dengan Esensi Kesengajaan.” jelas Bang Indra.

Desa sebagaimana Ujung Tombak Pemerintahan yang seyogianya Dalam Pengelolaan Anggaran Dana Desa hendaklah mengkedepankan Transparansi dan Akuntabel dalam Pengelolaan Anggaran.

Yang transparansi aja blm tentu anggaran tersebut dapat terserap apalagi yang tidak transparan.”Ujarnya.

Karena selain dari pada implementasi kepatuhan kepada perundang undang merupakan bagian dari bentuk pencerdasan kehidupan masyarakat secara luas dan
Harus menjadi Contoh dan Tauladan Bagi warga masyarakat desa Sukawijaya.”Tegas indra pardede. (Bemo)

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.