mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

DPUPPB Petakan Titik Penyebab Banjir

Published on Nov 28 2016 // Berita Utama

hujanKota Malang, (MR)
Curah hujan yang sangat tinggi di kota Malang menyebabkan beberapa ruas jalan di kota Malang tergenang banjir. Penyebabnya banyak gorong-gorong yang tersumbat sampah yang dibuang masyarakat di sembarang tempat khususnya gorong-gorong. Kurang sadarnya Masyarakat tersebut terlihat seperti di kawasan jalan IR Rais kota Malang,banjir yang kerap terjadi di kawasan tersebut di sebabkan gorong -gorong tersumbat tumpukan sampah warga.

Hal ini terlihat dari pantauan crew Media Rakyat di lapangan,terlihat puluhan petugas satgas tanggap Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB) kota Malang membongkar dan memperbaiki gorong – gorong yang tersumbat Kamis (24/11). Menurut ketua tim Satgas Bengbeng timnya terus memetakan semua titik penyebab banjir di kota Malang yang menjadi keluhan masyarakat kota malang.

“Seperti di daerah Ir Rais ini mas, setelah kami bongkar ternyata sampah warga menyumbat saluran tersebut,akibatnya saat hujan air meluap ke jalan,”ungkap Bengbeng. Selain itu lanjut pria ramah ini,kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dengan budaya membuang sampah pada tempatnya di nilai masih kurang. “Masyarakat masih suka buang sampah sembarangan mas,”tukasnya.
Di tempat terpisah kepala DPUPPB kota Malang Drs Djarot Edy Sulistyono SH.MM.Msc membenarkan bahwa DPUPPB terus memetakan titik-titik penyebab terjadinya banjir di kota Malang.

“Seperti hari ini Satgas membongkar penutup gorong-gorong yang ada di kawasan Jalan Ir Rais tanjung,ternyata banyak sampah warga yang menyumbat dan ini yang jadi penyebab banjir saat hujan tiba,”tegas Djarot .
Di tambahkan oleh Djarot masih banyak titik yang perlu di petakan agar banjir dapat di minimalisir dan tim satgas terus bergerak untuk memperbaiki gorong-gorong di tempat lainnya. “Tim Satgas terus mobile memetakan dan memperbaiki nya,” imbuhnya. Pejabat familier ini berharap masyarakat memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan masing-masing seperti membuang sampah pada tempatnya.

Kami berharap masyarakat memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan yang ada, salah satunya membuang sampah pada tempatnya, karena apabila masyarakat tidak membuang sampah sembarangan maka dampaknya sangat besar salah satunya banjir,”tukasnya Saat di singgung tentang kondisi jalan di Wilayah Jalan Raya Bandulan,abah Djarot sapaan akrabnya ini menegaskan akan segera memperbaiki dan meningkatkan mutu jalan tahun 2016.

“Bulan Desember akan kami hotmix jalan raya Bandulan,”tegasnya. Harapannya masyarakat kota dan kabupaten malang yang melintasi jalan tersebut tidak mengalami hambatan dengan di tingkatkannya mutu jalan raya Bandulan. >>Giz

Leave a comment