mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Disperindag KKA Berikan Bantuan Kepada Koperasi dan UKM

Published on Mar 10 2012 // Nusantara, SosEkBis

Anambas,(MR)

DINAS Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Mene-ngah (Disperrindag Kop dan UKM) Kabupaten Kepulauan Anambas menyerahkan bant-uan berupa peralatan untuk menunjang lancarnya aktifitas UKM dan Koperasi yang berada di KKA. Acara serah terima bantuan tersebut dilak-sanakan pada Jumat lalu bertempat di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Tarempa.

Salah satu Bantuan yang diberikan berupa mesin jahit kepada Koperasi Wanita Ampera yang ber-anggotakan 56 orang ibu-ibu yang berdo-misili di Kecamatan Siantan. “Bantuan Kita serahkan kepada pelaku usaha yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan, dan usahanya juga telah berjalan. Saya harap  peralatan ini dirawat dengan baik, sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang dan tahan lama,” ujar Kadiperindag Kop dan UKM, Said Baswidan.

Selain mesin jahit, Disperin-dag juga memberikan bantuan berupa mesin bubut, mesin ketam dan perlengkapan repa-rasi mesin kepada kelompok usaha mebel. Sedangkan usaha kerajinan batok kelapa yang dianggap berpotensi untuk berkembang sebagai salah satu industry pendukung pariwisata KKA mendapat jatah alat pembersih batok kelapa. Tak ketinggalan, kelomok usaha makanan juga mendapatkan bantuan berupa peralatan untuk mengemas makanan seperti mesin handsiler 30 buah, pedalsiler 30 buah dan vacum-siler juga 30 buah. Sedangkan untuk usaha kerupuk ikan, diberikan mesin pemotong kerupuk 10 unit dan panci presto untuk merebus adonan kerupuk ikan sebanyak 20 buah.

“Kita berikan Bantuan ini untuk mendukung peningkatan ekonomi rakyat. Tidak bisa dipungkiri baik koperasi maupun UKM sekarang menja-di satu-satunya Tonggak Eko-nomi rakyat yang ada. Jadi untuk memajukan aspek tersebut, kita akan berikan dukungan semaksimal mung-kin,” pungkas Said Baswidan saat ditemui setelah acara penyerahan bantuan tersebut.

Beberapa penerima bantuan terlihat sangat antusias mene-rima sejumlah bantuan tersebut. Salah satunya adalah Niurlina. Penerima bantuan 3 buah mesin jahit dan 1 mesin obras ini mengaku sangat senang mene-rima bantuan tersebut. Pasalnya dengan adanya bantuan seperti ini dirinya beserta beberapa teman-temannya yang terga-bung dalam Rida Busana Palmata dapat mengembangkan usaha guna meningkatkan pendapatan ekonomi mereka.

“Kami sangat senang menerima bantuan ini. Kami dari Rida Busana Palmatak, yang beranggotakan 15 orang sangat berterimakasih keada pemerin-tah. Kami bisa meningkatkan usaha kami, sehingga kesejah-teraan anggota kami mening-kat,” ujar Niurlina.

Hal senada juga diungkap-kan oleh Karma Yenita dari Koperasi Wanita Ampera. Dirinya bersama 58 ibu-ibu yang berdomisili di Kecamatan Siantan mengaku merasa sangat terbantu dengan adanya pemberian bantuan ini. Kope-rasi yang memiliki beberapa unit usaha ini berencana akan meng-gunakan mesin jahit ini untuk membantu ibu-ibu anggota koperasinya untuk lebih kreatif dalam mencari penghasilan. “Koperasi kita punya beberapa unit usaha, termasuk menjahit.

Dengan bantuan ini, kita akan memberikan pelatihan kepada ibu-ibu anggota kope-rasi kita dalam hal menjahit, sehingga mereka juga punya keahlian khusus untuk meng-hasilkan uang, untuk membantu meningkatkan taraf perekono-mian keluaraga ,” papar Karma Yenita. >> Eichiro/ Edo

Leave a comment