mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Dishub Upayakan Kelancaran Arus Mudik

Published on Jun 14 2017 // Nusantara

Natuna, (MR)
Kepala Dinas Perhibungan Laut dan Udara, Iskandar DJ, terus berupaya. Guna kelancaran arus mudik tahun 2017. Hal ini diungkapkannya saat melakukan konsprensi pers dengan wartawan di ruang kerjanya rabu 14 juni.

Saya sudah berkoordinasi dengan dishub provinsi, agar angkutan arus mudik tujuan Natuna, bisa berjalan lancar. Sepakat dengan itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun, juga telah mengintruksikan jajarannya, agar siap selalu mengantisipasi, arus mudik.

Terkait pengalihan kapal Pelni Bukit Raya, untuk melayani penumpang arah timur, kita sudah melakukan antisipasi, dengan mendatangkan kapal perintis sebanyak 3 unit. Kapal bobot angkut 250 orang ini, diharapkan mampu mengatasi lonjakan penumpang, jika masih kurang? Gubernur sudah minta kepada Danlantamal untuk memakai kapal KRI mengangkut penumpang. Inilah upaya Pemerintah mengantisipasi arus mudik, ucap Iskandar, diamini sejumlah Kabidnya.

Hari ini pelayanan jalur Pelni masih ada, sampai tanggal 25 nanti, untuk mengantisipasi kekosongan kedepannya kita pakai kapal perintis sabuk Nusantara, namun ada sedikit pergeseran selama 1 hari karena kapal tersebut dialihkan juga dari jadwal sebelumnya.

Pemkab Natuna juga sudah melakukan upaya agar penerbangan yang semula ada kekosongan, kita minta dilayani. Jadi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang lewat udara, penerbangan telah Kita lakukan selama 6 kali dalam seminggu.Artinya tiap hari.

Selain itu, Bupati telah menyurati, Lanud agar bisa mengoperasikan pesawat paung untuk mengangkut penumpang. Dengan tarip sekisaran 600. Ribu.inilah upaya pemkab untuk melancarkan arus mudik di Natuna.

Berkaca dari tahun tahun sebelumnya lonjakan arus penumpang, untuk udara, terjadi sekitar H-3 sampai H-4, untuk laut kemarin sudah terjadi lonjakan penumpang, maka petugas Dishub ditambah dengan pihak kepolisian, telah menempatkan personil di beberapa titik, guna menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik.

Kami juga sudah mengirim surat edaran kepada Camat, operator laut agar selalu mengingatkan penumpang dan pemilik kapal, agar menjaga keselamatan, dengan cara tidak membawa penumpang berlebihan, memperhatikan keadaan kendaraan serta faktor cuaca.

Ini kami lakukan agar sesuai dengan motto dan tema “Selamat di jalan sampai tujuan”. Nanti akan ada apel Akbar untuk arus mudik lebaran.

Terkait kapal bukit raya selalu mengalihkan jalur saat mudik lebaran, kata iskandar, dirinya telah terlebih dulu berkoordiasi dengan Direktur operasional PT Peini. Ini saya lakukan jauh sebelum bulan puasa tiba dan saat itu tidak ada masalah, tapi setelah keluar jadwal, tidak sama dengan kesepakatan awal.

Kita tau Kemenhub punya tugas berat, dia telah memetakan mana arus mudik yang paling banyak, maka diminta lokasi mana yg harus diurai terlebih dulu. Maka bukit raya dibergeser rutenya ke arah timur, ucap Sangkadis di Amini oleh Sapta. >>Roy

Leave a comment