Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Secara Konsisten Salurkan Bantuan Ternak Tiap Tahun

Kuningan, (MR)
Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Kuningan tetap konsisten dalam menyalurkan bantuan ternak kepada kelompok ternak yang dianggap sesuai dengan kriteria. Jenis ternak yang disalurkan adalah Sapi dan Kambing, baik untuk penggemukan maupun pembibitan. Bantuan yang diterima oleh masyarakat kelompok ternak tentunya sangat berdampak positip dalam membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya anggota kelompok tani.

Untuk tahun 2015 saja sebanyak 90 ekor sapi telah disalurkan Dinas Pertanian, Peternakan dan perkebunan untuk masyarakat yang terkena dampak dari pembangunan proyek Cileuweung, Kecamatan Cibeureum Kab Kuningan antara lain desa Simpay Jaya, Randusari dan desa Tanjungkerta. Demikian dikatakan Kabid Peternakan Dinas Pertanian Ir. Nursyamsi saat sitemui di ruang kerjanya.

“Kami berharap dengan adanya bantuan ternak tersebut bisa dijadikan sebagai mata pencaharian hidup yang hilang karena lahan pertanian maupun perkebunan dijadikan proyek waduk cileuweung tersebut” harapnya
Masih lanjut Nursyamsi, pada tahun 2016 kemarin pihaknya kembali menyalurkan bantuan sebanyak 30 ekor sapi di lima desa kecamatan Cibimbin dan satu kelompok di desa kalimanggis kulon sebanyak 30 ekor.

Hal ini disesuaikan dengan kondisi wilayah dan kriteria kelompok ternak. Karena dari beberapa profosal yang masuk harus diseleksi terlebih dahulu sesuai dengan aturan dan petunjuk teknis yang berlaku. Tidak hanya itu, masih Nursyamsi, untuk pemeliharaannya pihak dinas juga ikut membantu baik itu melalui penyuluhan maupun pelayanan kesehatan hewan ternak termasuk juga kawin suntik untuk induk sapi unggulan.

Sementara Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Kuningan, Ir. Hj Tri Astami berharap dengan adanya bantuan setiap tahun untuk para kelompok ternak yang memenuhi kriteria itu, kedepannya jumlah hewan ternak di kabupaten Kuningan bisa berkembang, tidak hanya bisa memenuhi kunsumsi masyarakat Kabupaten Kuningan tetapi juga luar Kuningan. Dengan demikian kelompok ternak pun bisa meningkatkan taraf kesejahteraan hidupnya melalui penyaluran bantuan ternak ini. >>Irwan

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.