mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Targetkan 32 Kampung KB Terbentuk di Akhir Tahun 2017

Published on May 24 2017 // Berita Utama

Kuningan, (MR)
Dalam rangka menekan tingginya pertumbuhan penduduk sekaligus mewujudkan keluarga berkualitas dan sejahtera, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) kabupaten Kuningan bekerja sama dengan Yayasan Citra Cara Terpadu (YCCT) terus melaksanakan program nasional Kampung KB yang juga merupakan NAWA CITA ke-3 dari perintahan Jokowi-JK saat ini yakni membangun indonesia dari kawasan pinggiran dalam memperkuat daerah daerah dan desa dalam NKRI.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) kabupaten Kuningan Hj. Poppy N Puspitasari didampingi Kepala Bidang Advokasi dan Pergerakan Usep Yusep menjelaskan Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan total program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh di lingkungan DPPKB dan bersinergi dengan mitra kerja serta stakeholders instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah yang dilaksanakan di tingkat pemerintahan terendah yakni desa.

“Kampung KB merupakan salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan KKBPK secara utuh dan terintegrasi di lapangan” kata Poppy saat ditemui di ruang kerjanya (18/5/2017).

Kepala Bidang Advokasi dan Pergerakan Usep Yusep menambahkan, saat ini Kampung KB yang sudah terbentuk di Kabupaten Kuningan ada 6 yakni di desa Sampora, desa Bendungan, desa Dukuhlor, desa Subang, desa Bayuning dan desa Luragung Landeuh.

“Tahun 2017 ini target kita bisa membentuk 26 Kampung KB. Sehingga di akhir tahun total bisa terbentuk 32 Kampung KB yang tersebar di masing-masing Kecamatan” Ucapnya.

Lebih jauh Usep berharap, kegiatan-kegiatan Kampung KB ini bisa bersinergi dengan pemerintahan desa masing-masing dan ke depan semua kegiatan Kampung KB dharapkan bisa masuk dalam APBDes masing-masing desa. >>Irwan

Leave a comment