Diduga Sengaja Mengakali LPJ Akhir Tahun, Bantuan Rehab Ruang Kelas SDN Sumberagung 3 Tidak Sesuai Pengajuan

Kediri, (MR)
Untuk meningkatkan mutu kualitas Pendidikan SDN Sumberagung 3 Kecamatan Plosoklaten Kediri mendapat rehab ruang kelas yang bersumber dari APBN 2018. Dengan jumlah anggaran Rp 366.848.000 untuk 6 Kelas. Sekaligus diturunkan Juknis dan Juklak. Sehingga penerima tinggal nelaksanakan sesuai Petunjuk, tapi kenyataannya pelaksanaan tidak sesuai aturan.
Dari penghitungan analisis tingkat kerusakan, dan biaya rehabilitasi ruang kelas SDN Sumberagung 3 seharusnya sesuai pengajuan. Untuk di ketahui prosentase kerusakan yang di usulkan tentu harus tepat dengan jumlah anggaran. Hasil pantauan di lapangan, dalam pelaksanaan program nasional rehabilitasi sekolah dasar tahun 2018 ini di duga telah terjadi manipulasi data prosentase kerusakan yang di usulkan.
Siti Amaroh (Kepala Sekolah) mengatakan, “memang betul Mas ini dapat dana 6 Kelas dan dikembangkan jadi 7, memang saya tak berani menunjukkan RABnya, untuk pengerjaan atap penggantian reng total, usuk tambal sulam, kuda-kuda dan blandar masih bagus (salah satu itemnya). Pengerjaan mencapai hampir selesai,” ungkapnya.
Kemudian juga terindikasi pekerjaan diborongkan, menurut salah satu pekerja mengungkapkan, “Saya digaji/ terima uang dari kepala kerja sekaligus jadi komitenya. Tentang kayu plafon memakai kayu sengon total,” jelasnya
Bahkan kurangnya pengawasan dan sosialisasi Kepala Sekolah selaku pelaksana dari pihak dinas pendidikan Kediri. Hasil Penelusuran dilapangan, terlihat indikasi adanya dugaan manipulasi kerusakan yang tidak sesuai dengan kondisi kerusakan sekolah sesungguhnya. Terlihat tingkat kerusakan yang ada tidak sesuai pengajuan usulan yang disampaikan kepusat (Direktorat).
Dari pihak Dinas sudah berusaha dikonfirmasi tapi pada saat terakhir deadline di hari senin 21 Januari 2019 ternyata tidak bisa menemui karena kesibukan Dinas. Fakta lain, dalam pelaksanaannya, yang dilakukan hanya 6 kelas tapi menjadi 7 kelas, berarti jelas-jelas tidak sesuai dengan dana yang turun, bisa dikatakan terindikasi ada penggelembungan kerusakan dalam pengajuan. (Bersambung) >>Ags

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.