Desa Toba Realisasikan DD 2018 Untuk Infrastruktur Dan Pemberdayaan

Lampung Timur -Toba, (MR)
Pemerintah Desa Toba Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur berkomitment untuk merealisasikan Dana Desa (DD) sesuai dengan peruntukannya.
Jakfar salaku Kepala Desa menyatakan, Dana Desa yang setiap tahun dikucurkan Pemerintah Pusat, diupayakan untuk membangun infrastruktur di wilayah Desa Toba, serta membangun persekonomian masyarakat melalui Badan Usaha Desa (Bumdes), guna mensejahterakan masyarakat pada umumnya.
“Kami berkomitment untuk merealisasikan Dana Desa itu sesuai dengan peruntukannya,” ujar Jakfar Kepada wartawan Media Rakyat melalui WA.(27/11/2018).
Diakuinya, bahwa kondisi infrastruktur di wilayah Desa Toba, sampai saat ini belum seluruhnya dalam kondisi bagus, sehingga perlu perhatian untuk memperbaikinya, namun untuk merealisasikannya, dibutuhkan usulan dari masyarakat melalui musyawarah Desa (Musdes), agar tidak menyalahi aturan.
Anggaran untuk Dana Desa tahun 2018 ini dengan total Rp. 813.148.000 dan dibagi ditiap dusunnya, 80 % untuk infrastruktur dan 20 % untuk pemberdayaan masyarakat.
Untuk pembangunan fisik menghabiskan anggaran  Rp. 744.458.000 dengan beberapa kegiatan yakni, pembangunan drainase, jambanisasi, pembangunan jalan rabat, dan untuk pemberdayaan sebesar Rp. 68.690.000 diperuntukkan untuk pembagian honor Guru PAUD dan Kader Posyandu, pembagian makanan sehat untuk BALITA dan pelatihan produk hukum desa.
Dalam pembangunan jalan rabat beton yang dilaksanakan oleh PDTI juga ikut menyakasikan Bendes, Kasi pembangunan, Kasi PMD Kecamatan sekampung udik, Pendamping Desa, PLD, Kadus serta RT.
Kemudian Ia menambahkan, “Peran serta dari masyarakat untuk merealisasikan dana desa tersebut sesuai dengan kebutuhan dan usulan masyarakat di setiap RT/RW, agar tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran. Penggunaan dan pelaksanaan DD tahun 2018 sudah semaksimal mungkin dilakukan secara transparan sesuai petunjuk teknis dan  petunjuk pelaksanaan,” tutupnya. >>And

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.