mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Kontingen Natuna ,Unjuk Gigi Dalam Parade Tari Provinsi Kepri.

Published on Jul 11 2018 // Natuna Membangun

 

 

Natuna Akan Berikan Yang Ter Bu innbaik.

Natuna(MR)- Malam Parade Tari Dilaksanakan di Kabupaten Natuna, di hadiri Ribuan pengunjung. Gubernur Kepulauan Riau , Diwakili,  Dr Sam Suhardi ,selaku staf ahli bidang sosial kesejahteraan rakyat dan pengembangan SDM, terlebih dulu meminta maaf atas ketidak hadiran sang Gubernur, dikarenakan ada tugas tak dapat dielakkan. Ucapnya, sambil membacakan Amanat  Gubernur.  

Selamat datang dan selamat bertanding,  para kontingen, jadilah,  terbaik dari yang baik. Malam ini, saya, menyampaikan Ucapan terima kasih kepada Pemkab Natuna telah membantu suksesnya kegiatan Parade Tari ini. Kepada seluruh kontingen, kita junjung sportifitas , parade tari bukan sekedar mencari juara, namun dapat menunjukkan nilai budaya daerah itu sendiri

Bupati Natuna Hamid Rizal selaku Tuan rumah Parade Tari tahun 2018,akan memberikan pelayanan prima  pada  Perhelatan Akbar, Parade Tari Provinsi Kepri . 

Di jadikannya Natuna sebagai tuan rumah Parade Tari 2018, bisa jadi batu loncatan, untuk mempromosikan budaya ,adat serta  Parawisata Natuna.

Dinas Pariwisata  Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau, menggelar Parade Tari Melayu sebagai salah satu upaya melestarikan khazanah budaya daerah.rabu,malam 11/07/3018.di pantai kencana .

 Parade tari , merupakan agenda tahunan , untuk melestarikan khazanah budaya Melayu dan menjadi salah satu agenda kepariwisataan.

Menurut dia, festival budaya dan kesenian Melayu tersebut diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk mempelajarinya, sehingga kebudayaan Melayu tetap lestari di tengah derasnya arus budaya asing dan pengaruh globalisasi informasi dan teknologi.

Tahun  ini, Natuna dipercaya menjadi Tuan rumah, Terima kasih atas kepercayaan itu dan saya ucapkan selamat datang.pada tamu dan kontingen semuanya.

Lanjut Hamid, Parade tari dilaksanakan setiap tahun,dan telah  melalui beberapa tahapan seleksi .

Meski berada jauh di Ujung NKRI, dan merupakan daerah Perbatasan, Kabupaten Natuna telah membuka gerbang , dan membawa nama Kepri menjadi juara  3 , dua tahun berturut turut. 

Sejak tahun  2009, hingga 2010. Yang  sebelumnya belum pernah ditorehkan  oleh Provinsi Kepri .

Untuk itu ucap Hamid , kiranya para seniman, maupun juri  dapat netral dalam memberikan penilaian ,  tidak membawa hal  pribadi, yang dapat merugikan. Kepri dikancah Nasional.

Harapan Kita ,lewat  parade tari daerah, bisa meningkatkan wisatawan datang ke Natuna.Sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat  meningkat.Mari Kita ramaikan even2 wisata lainnya di Natuna .

Tgl 15 mendatang akan dilaksanakan pemutaran Filem Sejuba .Festipal Layang layang. Peringatan hari Jadi Kota Ranai.tutupnya

Kepala dinas Kebudayaan Provinsi Riau,Yatim Mustapa,  mengucapkan terima kasih,  atas kegiatan parade tari dilaksanakan di Natuna. 

Ini merupakan program provinsi , dan digilir setiap tahunnya. Bupati Natuna telah menyurati Kami , agar Parade Tari tahun ini berada di Natuna.Alhamdulillah sudah terwujud , dan terlaksana dengan baik.

Diharapkan Kegiatan ini, mencari terbaik untuk dikirim ke Jakarta sebagai duta Provinsi untuk berlaga di tingkat Nasional. Adapun acara ya di Nasional dilaksanakan  di TMII.(Taman Mini Indonesia Indah)

Dari 34 provinsi tahun lalu, Kepri masuk terbaik ke 13. Mudah mudahan urutan itu bisa meningkat lagi.Dengan ilmu dan seni bisa buat Kita menjadi bergairah.

Yatim Mustafa memperkirakan, jumlah peserta  setiap kabupaten hadir saat ini, sebanyak  200 orang. Kegiatan 1 hari suntuk  ini, akan dilaksanakan sampai selesai. Tropi  piala bergilir  akan dibawa oleh pemenang sebagai Tuan rumah .

Sementara Tema kegiatan,  berbudaya  , Berkarya dan Berjaya. Ucap Kadis Budaya Provinsi Kepri .

Sebelumnya Kepala Dinas Parawisata Erson Gempa, mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh kontingen saat menjamu makan malam .Sebanyak 230 peserta ,Parade tari,se-Provinsi Kepri akan unjuk gigi di Kabupaten Natuna.Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Parawisata Erson Gempa saat malam ramah tamah dengan  para kontingen, di gedung Sriserindit Ranai Natuna, Senin malam.

Adapun jumlah kontingen yang  hadir Dengan rincian,, Batam, 30, orang, Lingga 30. TPI, 60. Karimun 25.orang 

Bintan 30. Dan Natuna 40.orang. Natuna dan TPI, mengirimkan 2 tim.

Sementara Anambas Nihil.Belum tau pasti kenapa Kabupaten Anambas  tidak hadir, pada hal kamar hotel sudah terlanjur di boking 16 kamar.

Parade tari bukan untuk saling menjatuhkan tapi menunjukkan budaya tarian Melayu, hingga ke dunia luar.

Turut hadir dalam acara itu,Ketua DPRD Natuna, Sejumlah FKPD, Wabup Natuna, Sejumlah OPD, tokoh masyarakat , dan tamu undangan lainnya./Roy.

 

 

 

 

Leave a comment