Dana Lanjutan PNPM MP Untuk Kota Tasik Rp.9,405 Milyar

Kota Tasikmalaya, (MR)

Pada tahun 2012 Kota Tasikmalaya bakal mendapat bantuan dana lanjutan PNPM MP dari pusat sebesar Rp.9,405 milyar, hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan kebersihan Kota Tasikmalaya Ir.H.Tarlan, M.Pd saat pembukaan ekpo PNPM Mandiri Perkotaan di Asia Plaza Kota Tasikmalaya.

Aspirasi dari pusat tersebut adalah hasil kerja keras semua pihak dalam hal penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat. Dengan adanya kepercayaan pusat terhadap Kota Tasikmalaya mudah-mudahan program pengentasan kemiskinan di wilayah kota Tasikmalaya dapat terus berlanjut.

Program PNPM MP di Kota Tasikmalaya telah berjalan sejak tahun 2007, untuk bidang ekonomi dengan kegiatan dana bergulir untuk perdagangan mikro, dari modal awal sebesar Rp.4.761.400.000 telah berkembang menjadi Rp.16.392.707.775 yang disalurkan kepada 6.540 KSM dengan 29.191 orang penerima manfaatdan tingkat pengembalian rata-rata 80%.

Bidang sosial yaitu pemberian santunan, sembako, bea-siswa, perbaikan gizi, posyandu, pelatihan dan sebagainya, Telah dirasakan oleh sekitar 57.113 orang penerima manfaat. Bidang lingkungan yang sudah dilakukan yaitu betonisasi jalan lingkungan sekitar 1.029 KM, saluran irigasi 7,7 KM, pipanisasi dan saluran pembuangan limbah 6,2 KM, rehabiltasi rumah, MCK, jamban dan sumur sekitar 3174 unit.

Walikota Tasikmalaya Drs.H.Syarif Hidayat,M.Si yang membuka secara resmi Ekpo PNPM dalam sambutannya mengatakan tahun 2011 ini adalah tahun ke 5 Kota Tasikma-laya menerima bantuan PNPM MP untuk pengentasan kemiskinan.

Tahun 2011 Kota Tasikmalaya memperoleh bantuan pembiayaan sebesar Rp. 9,355 milyar dan tahun 2012 Insya Alloh mengalami kenaikan menjadi Rp. 9,405 milyar. Artinya kita telah dipercaya oleh pemerintah pusat, dapat melaksanakan amanah denga sebaik-baiknya dan sungguh-sungguh dapat dirasakan oleh masyarakat miskin secra nyata.

Menurut Kementerian Koordinator Kesra Insya Alloh kota Tasikmalaya akan dijadikan percontohan dalam pelaksanaan kegiatan pengentasan kemiskinan di negara-negara asean. Akan hadir delegasi dari 10 negara anggota asean dan tiga negara mitra meliputi China, Jepang, dan Korsel untuk melihat dan mempelajari apa yang sudah dan akan dilaksanakan oleh Kota Tasikmalaya dalam hal pengentasan kemiskinan. Ekpo PNPM akan berlangsung selama 2 hari dengan menampilkan hasil-hasil produksi masyarakat yang sangat potensial untuk dikembangkan. >> Iin Kartiwan

Loading

Related posts