mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Cool Storage dan Pabrik Rumput Laut Bakal Dongkrak PAD

Published on Sep 22 2016 // Berita Utama

sarif-shKendari, (MR)
Dua fasilitas lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, di persiapkan untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) mulai Tahun 2017 mendatang.

Kedua fasilitas dimaksud, masing-masing, Gudang Pendingin (Cool Storage) yang dibangun di lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Desan Tapuahi, Kecamatan Rumbia Tengah dan Pabrik Rumput Laut yang sedang dibangun di Desa Laeya, Kecamatan Poleang Selatan. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Sarif, SH yang ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (15/9), mengungkapkan, setelah kedua fasilitas ini difungsikan, nantinya DKP Bombana akan mampu menyumbang PAD di atas Rp 600 juta per tahun. Pembangunan Cool Sotrage menelan dana Rp 1,6 miliar dari APBN 2015 dengan kapasitas daya tampung 3 ton, sedangkan Pabrik Rumput Laut dibangun dengan anggaran Rp 16 miliar dari APBN 2016 dengan kapasitas produksi 10 ton per hari. Meski kedua fasilitas ini diproyeksi akan menyumbangkan PAD yang cukup besar, namun mantan Camat Rarowatu Utara ini, khawatir kalau hal tersebut akan mengalami kendala. Pasalanya, salah satu kebutuhan vital yang harus ada pada kedua bangunan ini adalah sarana listrik, namun dalam APBN tidak dianggarkan pengadaan listrik, melainkan hal itu dibebankan kepada daerah.

“Karena belum memiliki listrik yang memadai, maka hingga hari ini Cool Storage belum bisa difungsikan, demikian juga Pabrik Rumput Laut, nanti setelah rampung pembangunannya juga membutuhkan listrik, kalau tidak ada listriknya juga tidak bias difungsikan,” tambahnya. Menurutnya, untuk kedua bangunan itu, dibutuhkan anggaran di atas Rp 1 miliar, masing-masing Cool Storage Rp 150 juta dan Pabrik Rumput Laut Rp 900 juta. “Untuk Anggaran Listrik Cool Storage kita harapkan dapat diakomodir dalam APBD-P 2016 dan untuk Pabrik Rumput Laut akan kita usulkan pada APBD Tahun 2017,” imbuhnya. >>HT

Leave a comment