mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Command Center Sarana Mudahkan Koordinasi Pemkab Malang

Published on Apr 18 2017 // Berita Utama

Kabupaten Malang, (MR)
Ada Yang baru di pemerintah Kabupaten Malang . Pasalnya Pemkab malang saat ini telah memiliki fasilitas baru di bidang IT dengan membangun jaringan baru yang diberi nama Command Center yang terletak di lantai 9 gedung pendopo Kabupaten Malang jalan Panji Kepanjen.

Perlu di ketahui aplikasi Command center ini adalah salah satu aplikasi berupa koordinasi langsung melalui video conferrence antara bupati , wakil bupati , maupun Sekda dengan seluruh SKPD , camat bahkan perangkat desa yang ada di seluruh wilayah yang dapat di jangkau melalui sambungan internet , artinya aplikasi ini bakal memudahkan koordinasi dan komunikasi antara bupati dengan jajaran SKPD , camat serta perangkat di seluruh wilayah Kabupaten Malang sehingga lebih efisien.

Untuk memastikan kelancaran aplikasi tersebut dapat tersambung dengan baik ,bupati Malang DR H Rendra Kresna berkesempatan menjajal aplikasi terbaru yang di gagas Dinas Komunikasi dan Informasi ( Kominfo ) Kabupaten Malang ini dengan mengadakan video conferrence dengan seluruh kepala SKPD dan camat , beberapa waktu lalu.
Di dampingi, Sekda Kabupaten Malang Abdul Malik , dan beberapa kepala SKPD , Rendra mengadakan komunikasi dan koordinasi langsung melalui jaringan network yang disediakan dinas Kominfo tersebut.

Pantauan Media Rakyat , tampak suasana video conferrence tersebut berlangsung gayeng di selingi guyonan segar bupati yang terkenal humoris tersebut , juga di isi dengan laporan dari seluruh kepala SKPD dan camat terutama tentang kegiatan yang di lakukan di tiap-tiap dinas dan wilayah yang ada di kabupaten Malang , meski sesekali masih mengalami hambatan terkait jaringan yang ada.

Usai menggelar video conferrence kepada Media Rakyat Rendra menjelaskan wilayah Kabupaten Malang yang sangat luas membutuhkan sarana komunikasi dan koordinasi yang tepat dan cepat untuk merealisasikannya.

“Dengan luas wilayah seperti ini maka dengan command center ini kita akan lebih efektif dan efisien dalam berkoordinasi dengan seluruh jajaran kepala SKPD dan camat , karena jelas tidak mungkin kalau mereka harus terus bolak-balik ke kantor pusat pemerintahan di Kepanjen maupun di Pendopo kota Malang dikarenakan letaknya yang jauh,”beber Rendra kepada Media Rakyat jumat (7/4)

Jika rapat koordinasi, imbuh Rendra masih bisa dilakukan dengan berkumpul di kantor kabupaten Malang , tapi jika hanya sebatas perintah lebih baik di lakukan melalui Comand Center ini karena lebih efektif.

“Selain itu kita dapat dengan cepat, memberikan perintah dan petunjuk kepada SKPD dan Camat seandainya terjadi masalah yang sangat urgent dan membutuhkan tindakan cepat,”tambah Rendra.

Saat di singgung terkait koordinasi dengan desa-desa terpencil, Rendra bakal mengadakan kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi untuk membangun jaringan wifi.
“Sangat tidak nyaman apabila desa-desa tersebut tidak memiliki jaringan wifi , apalagi destinasi wisata saat ini sudah harus memiliki jaringan internet yang memadai karena hal ini adalah kebutuhan yang sangat mutlak yang harus di sediakan,” tukasnya.

Ia berharap dengan adanya sarana command center yang saat ini sudah menjangkau 90 tempat ini dapat menjadi sarana koordinasi dan informasi antar lembaga pemerintah kabupaten Malang.

Hal sama di utarakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Nazarrudin. Apilkasi Command Center ini sudah di rencanakan mulai tahun 2016 kemarin , sehingga tahun ini baru bisa di realisasikan.

“Dinas kami kan baru , dan command center ini sudah ada perencanaan di tahun 2016 lalu saat masih menjadi bagian Pusat Data Elektronik(PDE) Setda kabupaten, nah ini melanjutkan perencanaannya untuk kami realisasikan,”ungkap mantan Staf Ahli Bupati ini.

Jangakauannya saat ini menurut pria Aceh ini sudah mencakup 90 tempat , meliputi kantor SKPD dan 33 kantor camat yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

“Jumlah titik yang kami garap ada 90 titik dan ini terus kami benahi terkait jaringannya agar stabil dan memudahkan untuk koordinasi,”tambah Nazar sapaan akrabnya. Selaras dengan kebijakan bupati Malang, mantan Kadishub Kabupaten ini menambahkan tujuan di bangunnya jaringan ini adalah untuk efektifitas dan efisiensi dalam melakukan koordinasi antar seluruh ASN yang ada di Kabupaten Malang.

“Sesuai petunjuk Bupati hal ini untuk memudahkan koordinasi antar dinas dan camat,” pungkasnya. >>Giz

Leave a comment