mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Ciamis Gelar Puncak HUT Koperasi Ke-64

Published on Jul 21 2011 // Nusantara

Ciamis (MR)
Puncak acara peringatan(HUT) Koperasi yang ke-64 tahun Tingkat Kabupaten Ciamis di gelar bertempat di gedung Dekopinda kabupaten Ciamis dihadiri oleh Bupati Ciamis H. Engkon Komara beserta unsure Muspida serta tamu undangan. Drs. H. Sumarno selaku ketua Dekopinda tidak sempat hadir dalam acara tersebut, dikarenakan, menghadiri RAPIMNAS di Dekopinda Pusat, walau demikian acara tersebut berjalan lancar.

Toto Tobari selaku anggota Bidang Advokasi dalam sambutannya mengatakan, “pada peringatan hari koperasi sekarang ini bertemakan “ Optimalisasi peran pemerintah kabupaten Ciamis dalam mewujudkan kabupaten Ciamis sebagai kabupaten penggerak koperasi: pada peringatan HUT Koperasi ke-60 tahun 2007.

Pemerintah pusat/menteri Negara Koperasi dan UKM RI telah menetapkan Kabupaten Ciamis sebagai kabupaten penggerak koperasi salah satu dari 15 kabupaten/kota yang termasuk  di dalam daftar nominasi kabupaten/kota se-jawa barat. Tujuan saresehan untuk mengevaluasi bagaimana perkembangan pembangunan perkoperasian di kabupaten Ciamis setelah mempunyai predikat kabupaten/penggerak koperasi, karena kriteria kabupaten koperasi adalah kabupaten yang pemerintahannya berhasil melakukan pembinaan dan pengembangan koperasi melalui peran dan keberpihakan kepada koperasi secara berkesinambungan.

Dengan jumlah koperasi di kabupaten ciamis pada tahun 2010 berdasarkan data dari dinas Perindagkop dan UKM sebanyak 832 buah koperasi yang tersebar di 36 kecamatan dari jumlah tersebut termasuk koperasi yang aktif dan tidak aktif, maka perlu adanya pendataan koperasi untuk mengetahui yang sebenarnya berapa koperasi yang aktif dan berapa koperasi yang tidak aktif.

Uju Kusmana selaku sekretaris Dekopinda menambahkan” tema peringatan hari koperasi ke -64 tahun 2011 adalah” koperasi kuat, Rakyat sejahtera” peringatan hari koperasi ke-64 merupakan sejarah lahirnya Gerakan Koperasi yaitu Kongres ke 1 di Tasikmalaya pada tanggal 12 Juli 1947 menghasilkan keputusan, dibentuknya sentral organisasi koperasi rakyat Indonesia (SOKRI) lanjut UJU.

Kegiatan tersebut di mulai pada tanggal 22 juni kegiatan sosialisasi KUR Bank BJB kepada koperasi bertempat KPRI Mukti Banjarsari tanggal 07 s/d 09 juli kegiatan pelatihan perkoperasian bagi generasi muda bertempat gedung diklat dekopinda kabupaten ciamis, tanggal 9 juli Rapinmas Dekopinda di Jakarta, tanggal 12 Juli Puncak acara hari koperasi tingkat kabupaten ciamis tanggal 14 juli menghadiri acara puncak peringatan hari koperasi tingkat Provinsi Jawa Barat serta membuka gelar produk UKM se-Jawa Barat di lapangan merdeka kota sukabumi dan terakhir nanti, 21 Juli 2011 kegiatan Rakerda Dekopinda Kabupaten Ciamis bertempat di gedung diklat Dekopinda Kabupaten Ciamis Paparnya. (HR)

Leave a comment