Camat Anjatan Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa

Kab. Indramayu, (MR)
LEMBAGA Kemasyarakatan Desa adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat dan mewakili semua elemen masyarakat mulai dari pemuda sampai dengan kaum perempuan dan semuanya memiliki peranan yang cukup signifikan dalam membangun desa.
Adapun prinsip-prinsip kelembagaan masyarakat desa diantaranya : sosial, kesukarelaan, kemandirian dan keragaman.
Camat Anjatan, Opik Hidayat, S. Sos. mengatakan hal itu dalam acara pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa, diikuti para Pimpinan dan Anggota BPD, LPM, MUI, Gapoktan, Karang Taruna dan TP PKK, dari Desa Kedungwungu, Wanguk, Lempuyang, Kopyah, Salamdarma, Bugis, Bugistua, Mangunjaya, Anjatan Baru, Anjatan, Anjatan Utara, Cilandak dan Cilandak Lor, Rabu siang.
“Berangkat dari pola hubungan antara lembaga kemasyarakatan dan pemerintahan desa adalah kemitraan, konsultatif dan koordinatif, maka tugas yang bisa dilakukan lembaga kemasyarakatan desa meliputi melakukan pemberdayaan masyarakat desa, Ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, dan aktif dalam pelaksanaan pembangunan desa,” terang Opik Hidayat, S. Sos.
Panitia Penyelenggara dan Nara Sumber Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa di Gedung Serba Guna di Jln. Jend. Ahmad Yani Kecamatan Anjatan Kab. Indramayu Provinsi Jawa Barat.
Sarjana Pendamping Desa Bidang Pemberdayaan Masya-rakat: Badru Zaman, Dewi Ati Tibyani, dan Sarjana Pendamping Lokal Desa : Ian Nobi Purnama, Ibnurul Rosyid, dan Saeful Mustaqim. >>Mukromin

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.