mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Calon Peserta UNAS SMP Turun dan SMA/SMK Naik

Published on Jan 30 2012 // Pendidikan

Lamongan,(MR)

Dalam Daftar Nominatif Sementara (DNS) peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2011/2012 Dinas Pendidikan Lamongan, calon peserta UN SMP sede-rajat tercatat sebanyak 19.756 siswa. Jumlah ini turun diban-ding peserta UN SMP tahun lalu yang mencapai 20.992 siswa.

Berbeda dengan calon peserta UN SMP yang menga-lami penurunan, calon peserta UN SMA sederajat dan SMK justru naik. Tahun lalu, peserta UN SMA sederajat mencapai 9.704 orang siswa. Sementara calon peserta tahun ini tercatat ada 9.780 siswa. Jumlah ini sudah termasuk sementara orang siswa dari dua lembaga pendidikan SMA Luar Biasa (SMALB) swasta.

Selanjutnya, calon peserta dari SMK tahun ini mencapai 5.846 siswa, yang jumlah tersebut naik dibanding peserta UN 2011 sebanyak 5.284 siswa. “Sejak penyelenggaraan UN tahun lalu, sudah diberlakukan formula baru sehingga UN tidak menjadi satu-satunya faktor penentu kelulusan. Karena UN kini juga ikut mempertim-bangkan komponen proses dan hasil penilaian guru. Sehingga hasil UN diharapkan menjadi lebih kredibel dan obyektif sebagai bahan untuk pemetaan mutu dan perumusan kebijakan dalam peningkatan serta pemerataan mutu pendidikan, “ujar Kepala Dinas Pendidikan Mustofa Nur melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik.

Secara teknis lanjutnya, formula baru itu diterapkan dalam penentuan kelulusan siswa yang tidak hanya menggunakan nilai dalam UN. Namun juga memasukkan sejumlah kriteria seperti siswa harus menyele-saikan seluruh program pembe-lajaran dan memperoleh nilai minimal baik untuk seluruh mata pelajaran. “Sebagai akibat dari penerapan formula baru itu, UN 2012 juga sudah tidak ada lagi ujian ulangan,” imbuhnya.

Ditambahkan olehnya, peran sekolah dalam penentuan kelulusan siswa dalam UN diwujudkan dengan pemberian kewenangan kepada sekolah untuk menyelenggarakan ujian sekolah. Selanjutnya nilai dari ujian sekolah ini digabung dengan rata-rata nilai raport untuk menjadi nilai sekolah (NS) yang memiliki bobot 40 persen dalam penentuan kelulusan.

Secara rinci, UN SMP  yang dimulai pada 23 hingga 26 April ini akan diikuti sejumlah 8.958 siswa SMP negeri dari 48 lembaga pendidikan dan 3.413 siswa dari 87 SMP swasta. Selan-jutnya dua lembaga SMPLB swasta dengan tujuh peserta. Sedangkan dari dua MTsN tercatat ada 651 siswa serta 169 MTs swasta tercatat peserta UN sebanyak 6.727 siswa.

Sementara rincian peserta UN SMA sederajat yang tahun ini mulai 16 hingga 19 April akan diikuti sejumlah 13 SMAN dengan 2.664 siswa dan SMA swasta sebanyak 3.094 siswa dari 53 lembaga. Kemudian MA Negeri tercatat ada 726 siswa dari dua lembaga serta MA swasta ada 73 lembaga dengan jumlah siswa terdaftar 3.287 orang. Selanjutnya dari enam SMKN, pesertanya tercacat sebanyak 1.075 siswa. Dan dari 50 SMK swasta, pesertanya mencapai 4.771 siswa. >> HAN

Leave a comment