Bupati Trenggalek dan Konsul Jenderal Jepang Menanam Mangrove di Pantai Cengkrong

EmilTrenggalek, (MR)
Setelah menikmati keindahan alam Pantai di Hotel Pondok Prigi dan Pantai Karanggongso serta Sendra Tari Turonggo Yakso yang ditampilkan oleh “Ngesti Laras Budoyo” Smaneska Trenggalek, Rombongan Konsulat Jendral Sabtu siang, 23 Juli 2016 melanjutkan perjalanan ke Pantai Cengkrong Desa Karanggandu Watulimo. Kedatangan rombongan Konsulat Jepang ini diterima meriah oleh beberapa SKPD dilingkup Kecamatan Watulimo, Íelompok Masya rakat, Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila Watulimo, Mahasiswa KKN dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dan warga masyarakat Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo.

Tamu dari Jepang ini datang untuk menikmati keindahan alam dan hutan bakau yang ada di pantai tersebut. Ditemani Bupati Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Wakil Bupati H Moch Nur Arifin dan beberapa Kepala SKPD, rombongan Mr. Kato menyusuri jembatan “Galau” penyebutan jembatan kayu yang berada di tengah-tengah hutan bakau. Pos-pos gazebo dan dermaga prahu semakin mempercantik keindahan hutan bakau tersebut.

Konsulat Jepang juga sangat menikmati keindahan hutan bakau yang dilestarikan oleh kelompok masyarakat Kejung Samudra binaan dinas Perikanan dan Kelautan. Untuk ikut melestarikan keberadaan hutan bakau Konsulat Jepang tersebut bersama Bupati Trenggalek dan Wakil Bupati serta Mahasiswa UGM menanam pohon bakau disana. Pasalnya kelestarian hutan bakau dianggap sangat penting untuk menanggulangi abrasi pantai maupun kemanfaatan lainnya seperti tempat perkembangbiakan satwa maupun biota laut.

Kepada masyarakat yang ada di Pantai Cengkrong tersebut, Bupati Trenggalek Dr Emil Elestianto Dardak, M.Sc menyampaikan bawasannya saat itu Trenggalek telah kedatangan tamu dari Konsulat Jepang yang ada di Surabaya. Sedangkan kepada rombongan Konsulat Jepang Bupati juga mengatakan pantai cengkrong ini merupakan rute terakhir kunjungan kali ini, pasalnya anda akan kembali ke Surabaya. Kami sangat senang atas kunjungan konsulat Jepang, selamat kembali ke Surabaya, kami menanti kunjungan anda kembali”, ungkapnya.

Sedangkan Mr, Yoshiharu Katom Konsulat Jepang mengungkapkan sangat senang serta terharu atas penjamuan yang diberikan kepada rombongan kami. Karena sangat senangnya Mr. Kato menyatakan “hati orang Trenggalek baik-baik, matur suwun”, ungkapnya dalam bahasa jawa yang disambut gelak tawa masyarakat yang hadir. >>Hms/Sur

Loading

Related posts