Bupati Pasaman Hadiri Pencanangan Kampung KB

Kampung KB 1Pasaman, (MR)
Bertempat di lapangan sepok bola kampung Harapan Maju Jorong Ampang Gadang Nagari Panti Selatan Kecamatan Panti (24/3),  Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis mencanangkan Kampung KB. Pada pencanangan Kampung KB tersebut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), SKPD, Instansi Vertikal, Camat se Kabupaten , Wali Nagari se Kabupaten Pasaman, IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Pasaman, Hj. Ema Yohana anggota DPD RI, Refrizal  anggota DPR RI, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, serta elemen masyarakat lainnya.

Pada pidato pencanangan Kampung KB tersebut, Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis mengatakan, dengan Pencanangan Kampung KB ini kita merubah paradigma terhadap program KB dengan pengendalian penduduk dengan  slogan dua anak cukup, tetapi bagaimana kita meningkatkan dan membangun keluarga yang maju sejahtera, agamis dan dan berbudaya.

Lanjutnya, dengan pencanangan Kampung KB di Kampung Harapan Maju merupakan wujud nyata dan implementasi dari visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman 2016-2021 yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat, agamais, dan berbudaya. “Pencanangan Kampung KB ini bukanlah  serimonial, tetapi adalah benar benar terprogram secara terpadu  sehingga nantinya tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak bersekolah, serta tidak ada lagi ibu dan bayi meninggal karena kelalaian,”harapnya.

Bupati Pasaman, H.Yusuf Lubis, menghimbau kepada Camat untuk membentuk Kampung KB percontohan di setiap kecamatan, dan kepada seluruh SKPD untuk membuat program dalam Kampung KB tersebut sehingga Kabupaten Pasaman bisa sejajar dengan kota dan Kabupaten lainnya di Sumatera Barat.. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) Kabupaten Pasaman, Dra. Yusnimar, APt dalam pidatonya mengatakan bahwa tujuan pencanangan Kampung KB di Kampung Harapan Maju  Jorong Ampang Gadang Nagari Panti Selatan Kecamatan Panti adalah untuk meningkatkan partisipasi sekolah bagi anak yang telah memasuki usia sekolah, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan cakupan ber KB dengan tribina yaitu bina keluarga balita, bina keluarga lansia dan bina keluarga remaja, dan menurunkan angka pernikahan usia dini, serta peningkatan perekonomian masayarakat

Pada kesempatan tersebut Dra.Yusnimar, Apt juga mengatakan bahwa semenjak pencanangan sampai akhir Desember 2016 SKPD terkait seperti BP2KB, BP2KP, Badan Lingkungan Hidup, Disduk Capil, Dinas Kesehatan, Dikjar, Dinas Perindagkop dan UKM, dan instansi vertikal seperti Kantor Kemenag, serta Basnas Kabupaten Pasaman akan tetap melaksanakan program yang telah disusun di Kampung KB yang berada di Kampung Harapan Maju  Jorong Ampang Gadang Nagari Panti Selatan Kecamatan Panti. >>AN

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.