Bupati Natuna, Serahkan 50 Unit Rumah Khusus .

 

Natuna(MR)- Bupati Natuna Hamid Rizal menyerahkan 50 Unit rumah khusus tipe 28 di halaman perumahan khusus Padang Pasir Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut Kabupaten Natuna, Rabu (10/4/2019) secara simbolis .

Ia berpesan, agar rumah bantuan ini bisa dirawat dan dijaga dengan baik sesuai peruntukan.

Ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat, karena telah memperhatikan masyarakat Kabupaten Natuna, termasuk dalam memberikan bantuan rumah khusus kepada masyarakat.

Selain rumah khusus, beberapa prasarana dan infrastruktur telah dibangun seperti, jalan, jembatan dan listrik.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Perkim Kabupaten Natuna Hendra Kusuma menjelaskan pembangunan rumah khusus di kecamatan Bunguran Selatan, dimulai sejak tahun 2017. Pemerintah kabupaten Natuna telah mengajukan dua propsal pembangunan rumah khusus dan rumah PNS perbatasan, teryata yang disetujui oleh pemerintah pusat rumah khusus di Desa Tanjung Kecamatan Bunguran Timut Laut.

“Perlu saya sampaikan, rumah khusus, di peruntukan bisa untuk nelayan bisa untuk masyarakat, penghasilannya rendah, bukan perumahan nelayan.
Hendra Kusuma menjelaskan, sebenarnya ada dua lokasi bantuan rumah khusus harus diresmikan. Namun karena ada persoalan hukum, sehingga rumah khusus terletak di Semente Kecamatan Bungaran Barat, belum bisa diresmikan dan masih proses oleh penegak hukum.

Perlu saya sampaikan, bahwa perumahan Semente, belum bisa saya terima karena masih bermasalah, padahal lebih duluan di bangun,”terangnya.

Diwaktu sama, Satuan Kerja (Satker) Kementerian PUPR, Agus Prianto menyampaikan, sesuai namanya rumah khusus diperuntukan untuk masyarakat yang berkebutuhan khusus, dan rumah ini dibangun untuk masyarakat di perbatasan dan nelayan.

“ memang benar perumahan ini bukan perumahan khusus untuk nelayan saja tetapi rumah khusus untuk masyarakat perbatasan dengan rumah nelayan perbatasan yang sifatnya lebih umum,”tuturnya.

Agus menambahkan dengan keterbatasan anggaran Kementerian PUPR hanya bisa membangun secara permanen rumah khusus untuk kabupaten Natuna sebayak 50 unit dengan tipe 28. Ia juga berterimakasih kepada pemerintah daerah telah membangun jalan di perumahan tersebut.

“Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah karena telah memudahkan pembangunan seperti menyediakan lahan dan pembangunan jalan hotmix,”terangnya.

Agus Prianto menegaskan bahwa perumahan ini tidak bisa dirubah bentuk atau ditambah dan dikurangi seperti penambahan dapaur dan lain sebagainya,

“Karena dulu ada juga di Kabupaten Bintan yang melakukan penambahan dapur menggunakan kayu bekas dan sepanduk bekas membuat perumahan tersebut kelihatan tidak enak dipandang mata,”paparnya./Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.