Saturday, 17/11/2018 | 11:19 UTC+7
Media Rakyat

Bupati Natuna: Mari Kita Bersinergi,Membangun Natuna.

 

Uji Kompetisi Wartawan Dibuka Bupati Natuna.

Natuna(MR)- Bupati Natuna Hamid Rizal ,membuka secara langsung Uji Kompetensi Wartawan, Sabtu 13/10/2018.bertempat di rumah makan Sisir Basisir.

Bupati Natuna dalam sambutannya, mendoakan semua rekan rekan ikut UKW, bisa lulus, agar menjadi wartawan propesional dan berkompeten, dalam mengeluarkan karya tulis jurnalis berkuwalitas.Supaya sesuai dengan tema.papar Bupati.

Meski undangan baru datang tadi malam, Saya bertekat harus hadir, karena ingin menambah ilmu dari bapak bapak tim penguji. Padahal Saya kurang tidur.

Bupati meminta, agar media bersinergi dengan Pemerintah. Saya yakin rekan rekan media menginginkan Natuna ini bisa lebih maju. Apalagi status Kabupaten Natuna ditingkatkan menjadi Provinsi Natuna Anambas. Ini akan menjadi peluang lebih bagus.

Bupati juga memuji Ilyas Sabli telah bersusah payah melakukan pembangunan saat beliau Saya angkat, jadi Kepala Dispenda .Kemudian jadi Sekda, selama 10 tahun. Jadi soal Pemerintahan sudah matang,tambahnya. Kita berharap bagaimana media bisa menjadi kontrol sosial bagi Pemerintah, agar lebih baik lagi.

Ketua tim penguji, dari Universitas Veteran Yogyakarta, Agung Prabowo Msi.dalam sambutannya mengatakan, Kami merasa terhormat akan sambutan para pejabat di Natuna. Tidak mengira sambutan nya semeriah ini.

UPN, Veteran, Yogyakarta merupakan universitas didirikan para Veteran, dan dibina Departemen Pertahanan. Dalam perjalanan, pada tahun 1994, ada kebijakan dari Negara, Institusi tidak boleh jadi lembaga pendidikan. Sehingga memilih jadi Universitas Swasta.

Seiring waktu berjalan, ada kendala, karena diisi oleh PNS dan swasta .Barulah tahun 2014 berubah menjadi Negeri.ucap Agung Prabowo,mengisahkan.

Kami merupakan Jurusan dari Tim telekomunikasi, pada saat itu dilakukan untuk mendidik wartawan. Dulunya tim ini, merupakan mantan wartawan. Dengan adanya keinginan bersama untuk meningkatkan mutu wartawan, tahun 2013 mengajukan kepada Dewan Pers agar bisa menjadi tim penguji UKW , ucapnya.

Kenapa wartawan harus disertifikasi, karena semua Propesi harus disertifikasi,
Oleh Dewan Pers.

Media juga harus di data.Gunanya untuk pertanggung jawaban media itu sendiri. Apalagi zaman teknologi sekarang ini. Hampir setiap orang bisa buat media dan jadi wartawan.

Makanya dilakukan peripikasi media.Gunanya, untuk menganulir sengketa terhadap Media. Agar dipahami, sengketa media dibawah UU pers no 40 tahun 1999.Bukan UU KUHP. Meski demikian jika terjadi sengketa, Wartawan wajib menaikkan hak jawab, agar berimbang.

Untuk dipahami, Media yang belum terperifikasi, Dewan Pers tidak bisa menjangkau. Sebaliknya, Media terperifikasi, wajib dilindungi Dewan Pers, Meskipun Wartawannya belum terverifikasi.

Jika wartawan sudah terverifikasi, namun media belum, Dewan Pers tidak bisa juga menjangkaunya. Okeh sebab itu bagi wartawan yang mau melepas berita, diharapkan datanya sudah Palit, dan benar.ucapnya

Sementara itu ,Panitia pelaksana Uji Kompetensi Wartawan(UKW), Ramalius Piliang,terlebih dulu mengucapkan selamat Ulang Tahun Natuna ke 19, kepada seluruh hadirin.

Dikatakannya, UKW dilakukan berkat keinginan teman teman ,agar Uji Kompetensi Wartawan dilaksanakan di Natuna, lewat PWI provinsi. Sesuai instruksi Dewan Pers agar semua wartawan dapat meningkatkan kwalitas dan kemampuan dalam menyajikan sebuah berita,sehingga menarik untuk dibaca.Oleh sebab itu perlu dilakukan UKW.

Dikatakannya, sekitar 18 orang dari 60 wartawan yang bertugas di Natuna, dengan 3 formasi, 6 Muda 6 Madya,6 Utama akan mengikuti UKW selama 2 hari.Pelaksaan UKW, merupakan Forum Wartawan, bukan PWI.Karena banyak media yang bergabung didalamnya .

Terima kasih kepada rekan rekan Panitia ,berkat kegigihan , UKW ,bisa dilaksanakan dengan baik.Ada sekita 4 orang tim penguji.3 dari Universitas Veteran Yogyakarta, 1 dari PWI. Hadir dalam kesempatan itu Bupati Natuna, Danlanal, Danlanut Dandim ,Kapolres ,Kapolsek Sekda Natuna ,OPD, dan tokoh masyarakat./Roy.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.