Bupati :Mau Wujudkan 5 Pilar Pembangunan, Jadikan Provinsi Khusus

Natuna(MR)- Bupati Natuna Hamid Rizal ,pagi ini, melakukan pertemuan dengan Kemengko Maritim di ruang rapat kantor Bupati tgl 23/07/2019,  jalan Bukit Arai Ranai Natuna.

Dalam jajak pendapat dengan Kepala Deputi Kemaritiman  Purbaya Yudhi Sadewa, Hamid dengan lugas menyuarakan, agar Natuna segera dijadikan Provinsi Khusus , mengingat wewenang Natuna, merupakan daerah kelautan,  tidak ada lagi.” Hasil  SDA Natuna” menjadi hak prioritas Gubernur. Hal ini dapat merugikan Natuna sebagai daerah penghasil.

Jika gubernurnya tidak suka dengan Natuna maka daerah lain yang banyak menikmati kado pembangunan itu . Sehingga 5 Pilar pembangunan untuk Natuna bakal terkendala.

Oleh sebab itu Hamid meminta jika Nawa Cita Presiden mau terwujud dengan cepat, jadikan Natuna provinsi Khusus, agar hak dan wewenang ada ditangan Pemerintah setempat.

“Saya  sudah lama buat buku kajian, buku tersebut  mau saya serahkan kepada Kemengko Maritim,  guna ditindak lanjuti. Bahkan Saya siap melakukan pemaparan di depan Presiden maupun menterinya.

Lalu timbul pertayaan, kenapa harus jadi Provinsi khusus. Pertama Natuna berada diantara Negara Tetangga yang rentan untuk di ambil. Kedua Natuna daerah strategis Nasional. Ketiga Natuna Daerah Terdepan NKRI, keempat Natuna daerah Kepulauan.Ucap Bupati.

Hilangnya wewenang Daerah akibat perubahan undang undang 32 , sudah seharusnya Pemerintah Pusat lebih jeli melihat kepentingan daerah itu sendiri . Bagaimana bisa melaksanakan pembangunan dengan cepat, jika hak daerah dikuasai Provinsi. Apalagi jarak dan biaya transportasi mahal ,  Ini dapat menghambat pembangunan itu sendiri. Permasalahan ini yang buat Bupati Natuna gencar menyuarakan pemekaran Natuna menjadi Provinsi khusus, karena wewenang kelautan menjadi hak Provinsi .
Sementara Kabupaten Natuna hanya namanya saja  kaya akan SDA, namun hasilnya sedikit saja  dinikmati . Semoga pemangku kebijakan termasuk Presiden merespon apa permintaan daerah./Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.