Bupati: Cilacap “Mekar Harga Mati”

Cilacap 1Cilacap, (MR)
Kunjungan Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah ke Pemda Cilacap pada hari Selasa, 19 Januari 2016 membahas terkait proses terakhir, proses Pemekaran Kabupaten Cilacap Barat. Acara tersebut di hadiri oleh Bupati Cilacap, Team Presidium Pemekaran, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, tokoh masyarakat dan undangan lain.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, mengatakan bahwa beliau sangat mendukung Pemekaran Cilacap Barat, apalagi saya berasal dari Majenang alias Cilacap Barat. Baginya Mekar adalah harga mati, walaupun beliau dalam mengucapkannya seperti dalam keraguan. Namun walaupun demikian beliau dalam ekpresi yang demikian hadirin tamapak dibikin semangat.

Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taufik Nur Hidayat mengatakan “ayo bareng-bareng mekarna Cilacap aku kon urun ya siap”.

Dan menurutnya keseriusan itu harus luar dan dalam. Kalau iya, ya harus ya, kalau tidak ya tidak jangan setengah-setengah. Karena ucap, tindak dan hati akan di pertanggungjawaban baik dunia maupun aherat sehingga Pemekaran jangan hanya ramai menjelang Pilkada saja.

Sedangkan Masruhan Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah mengatakan jika saat ini Dokumen Pemekaran Kabupaten Cilacap Barat sudah ada di meja Gubernur Jawa Tengah, sehingga kalau masih ada beberapa item yang harus dilengkapi maka untuk segera mungkin untuk dilengkapi karena menurutnya “Lebih Cepat Lebih Baik”.

Sedangkan Bambang Suharto sebagai Ketua Team Presidium Pemekaran dihadapan Bupati dan Komisi A mengharapkan bulan Februari surat rekomendasi sudah bisa dibuat oleh Gubernur, sehingga proses Pemekaran semakin cepat dan tidak terlalu mengulur waktu.

Sedangkan PP tentang Desain Besar Penataan Daerah (Desertada) sudah selesai, sehingga Daerah Persiapan baik Kota maupun Kabupaten sudah bisa dibentuk Tahun ini walaupun belum bisa diungkapkan secara detil proritas Pemekaran yang diungkapkan menurut Desertada ujar Sumarsono Kepala Direktorat Jendral (Dirjen) Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri (di kutip Koran Sindo, 8/1/16).

Ditempat terpisah beberapa masyarakat di wilayah Cilacap Barat terus mendesak pertanyaan kepada Team Presidium Pemekaran Cilacap Barat terkait kapan bisa mekarnya Kabupaten Cilacap bagian Barat, jangan sampai pemekaran hanya dijadikan sebuah Komoditi Politik saja dan tidak memiliki kejelasan ahirnya, atau hanya kepentingan segelitir elit politisi sebab nantinya yang jadi korban adalah masyarakat. Untuk itu Pemekaran adalah sebuah kebutuhan masyarakat agar tercipta keadilan dan kesejahteraan yang merata serta birokrasi yang cepat, tepat dan hemat. >>Alek Tarkum

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.