mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Bupati Cianjur Pimpin Musrenbang Tahun 2014

Published on Apr 22 2013 // Berita Utama

Musrenbang cianjurCianjur,(MR)

BUPATI Cianjur Drs.H.TjetjepMuchtar Soleh,MM. Membuka acara Musrenbang (RKPD) Kabupaten Cianjur tahun 2014 di Green Hil Pacet Cianjur, nampak hadir Kepala BKPP Wil.1 Prov Jabar, Ketua DPRD Cianjur Gatot Subroto SH, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur Bachrudin Ali, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Kepala Bakorpembang wil.1 Prov Jawa Barat dan Sebagian Unsur Muspida Kabupaten Cianjur termasuk Para kepala OPD, Para Camat dan delegasi Kecamatan serta tamu lainnya.

Bupati Cianjur dalam Sambutannya mengatakan perencanaan pembangunan adalah suatu peroses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan pembangunan, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial untuk jangka waktu tertentu.

Tahapan yang telah kita sama-sama laksanakan diantaranya adalah forum gabungan OPD, dengan agenda membahas usulan prioritas program pembangunan hasil Musrembang Kecamatan, yang selanjutnya usulan prioritas tersebut harus di tindak lanjuti oleh OPD terkait sebagai rencana kerja di tahun 2014 yang merupakan rangkaian dari pelaksanaan rencana kerja Pemerintah Daerah tahun 2014. sehingga ke depan, tidak ada lagi kesan bahwa hasil Musrembang kecamatan tidak diakomodir oleh OPD terkait.

Menurut Bupati Cianjur, tahun 2014 adalah tahun kedua dalam kerangka rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Cianjur, dengan tema pembangunan tahun 2014 yaitu “Akselerasi capaian kinerja pembangunan,” esensi dasar dimaksud adalah focus pembangunan mulai beralih pada beberapa focus yang menjadi tujuan pembangunan jangka menengah secara bertahap terus dilaksanakan hingga akhir tahun sehingga focus pembangunan 2012 dan 2013 masih mungkin dilaksankan meskipun dengan intensitas lebih rendah dari dua tahun sebelumnya sesuai dengan perubahan paradigma tentang perencanaan pembangunan, proses perencanaan partisipatif yang mengakomodir seluruh kepentingan pelaku pembangunan khususnya masyarakat, diwadahi dalam kegiatan Musrenbang yang dilaksanakan sejak tingkat desa hingga tingkat nasional. Tuturnya.

Kepala Bappeda Cianjur Yono Ernawan,SH. menyampaikan Maksud dari Musrenbang RKPD 2014 tahun 2013 adalah Wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah sebagai perwujudan dan pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

Menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah, provinsi maupun pusat. Mengklarifikasi usulan program kegiatan yang telah disampaikan kepada pemerintah daerah pada musrenbang kecamatan dan forum OPD,. Mempertajam indicator kinerja program kegiatan pemerintah daerah. Mendapatkan rincian rancangan awal kerangka regulasi menurut OPD serta menyelaraskan capaian target pelaksanaan pembangunan. Di hadiri oleh sekitar 400 orang peserta Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) kabupaten Cianjur. >> A Sofiyan/Deden Trio

Leave a comment