mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Bupati Cianjur Buka Acara 70.000 Detik Cianjur Jago Festival

Published on Aug 27 2016 // Berita Utama

0102Cianjur, (MR)
Dengan mengucap bismilahhirahman nirrahim acara 70.000 detik Cianjur Jago Festival dimulai, demikian disampaikan oleh Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar, S.IP, S.H, M.Si saat membuka acara gelaran Hari Jadi Cianjur dan HUT RI ke 71 tahun 2016 di halaman masjid Agung Cianjur selesai sholat subuh berjamaah, pada sabtu kemarin 20 agustus 2016 yang dihadiri unsur Muspida Cianjur, sejumlah lembaga terkait, para kepala OPD dan jajarannya, Camat, tokoh agama serta warga masyarakat Cianjur lainnya.

Prosesi 70.000 detik Cianjur Jago Festival di awali dari Pembukaan 70.000 Detik Cianjur Jago Festival yang ditandai dengan peledakan 7 lodong oleh Bupati H. Irvan, Kajari Wahyudi, Wakil Bupati, H. Herman, Sekda, H. Oting, Camat dst kemudian dilanjutkan sarapan pagi yang disiapkan masing-masing OPD dilanjutkan pelaksanaaan karnaval, dengan tujuan akhir/finish karnaval di X Pasar Induk Cianjur dan titik awal pemberangkatan di Jl.Perintis Kemerdekaan/Jebrod – Jl. Prof. Moch. Yamin – Jl. Araha – Jl. Barisan Banteng kemudian ke Jl. Mangunsarkoro. Setiap peserta disambut oleh unsur muspida serta yang lainnya. Lebih dari 100 aneka seni dan budaya yang ditampilkan pada pawai dan arak – arakan kendaraan hias OPD, BUMN, BUMD dan lainya.

Warga masyarakat hadir dan menyaksikan kurang lebih dari 20.000 menyaksikan, di sekitar jalan-jalan yang dilewati peserta pawai, dalam perjalanannya Bupati H. Irvan Rivano Muchtar melakukan sungkem kepada ayah dan ibunya di seperempat perjalanan pawai. Acara sangat meriah tampak juga jurnalis dari berbagai media lokal maupun nasional hadir juga.

Setelah acara karnaval/pawai selesai dilaksanakan acara dilanjut di lokasi utama yakni X Pasar Induk Cianjur sedikitnya ada 6 Pangggung Lomba/Kreasi dan 10 tenda Kuliner dan Komunitas juga 7 Panjat Pinang. Bupati didampingi oleh wakil bupati beserta jajarannya juga ketua DPRD Cianjur Yadi Mulyadi mengunjungi pada tiap-tiap panggung-panggung, stage, tenda komunitas, disana bupati menyaksikan sendiri aneka seni dan budaya yang ditampilkan yang diantaranya pagelaran Nagaos/ceramah keagamaan, mamaos tembang sunda Cianjuran, Maenpo Silat khas Cianjur, panggung motekar (lomba cipta lagu jago Cianjur), Kamonesan/kaulinan Barudak, engrang, Barongsai termasuk beberapa stage pameran dari beberapa produk ungggulan Cianjur.

Rangkaian 70.000 detik Cianjur Jago Festival bupati bersama yang lainnya ke masjid Agung Cianjur guna mengikuti acara gelaran ceramah keagamaan dan melakukan tahajud bersama. Dalam kesempatan itu bupati menyampaikan bahwa kemasan acara peringatan hari jadi Cianjur dan HUT RI ke 71 dikemas agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, menyatakan kebanggaannya diareal sekitar 1 hektare masyarakat Cianjur bisa berkumpul berbagi bersama-sama untuk lebih mengenal diri (aneka seni dan budaya) yang dipunyai oleh Cianjur dan tentunya harus dipelihara, dikembangkan sehingga akan terasa kemanfaatannya oleh warga Cianjur minimalnya, mungkin dengan cara-cara seperti itu masyarakat Cianjur akan semakin bersatu, kokoh, sehingga pada akhirnya bermuara pada kebersamaan yang hakiki menuju Cianjur yang lebih maju dan Agamis. >>Hms/Endang Soleh

Leave a comment