Bupati Buka Manasik Haji 2016

HajiNatuna, (MR)
Pemerintah kabupaten Natuna melalui Bagian Kesra, tahun ini menyelenggarakan manasik haji, . Pemberangkatan dan pemulangan calon jamaah haji tahun anggaran 2016 di rencanakan di Asrama Haji komplek Natuna gerbang utara, Ranai, pada Selasa (02/08).

Kegiatan manasik haji tahun 2016 /1437 hijriah ini dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, juga turut hadir dalam acara tersebut ketua DPRD Natuna Yusrifandi. Dalam sambutannya bupati hamid rizal banyak memberikan nasihat dan pesan, termasuk berbagi cerita pengalaman pribadinya ketika pergi ke tanah suci kepada para calon jemaah haji.

“Pesan saya sebelum berangkat tinggalkan pikiran buruk, hati harus bersih. Karena disana itu sikap buruk kita akan diperlihatkan oleh allah. Jauhi sikap sombong dan meremehkan sesuatu ,hal itu sudah saya alami sendiri. minta doa untuk diberi kesehatan oleh allah, banyak menolong orang lain dan jaga kesehatan dengan tidak makan sembarangan. Saya ucapkan selamat kepad para calon jamaah haji, semoga menjadi haji yang mabrur .” kata Hamid Rizal sembari diikuti dengan ucapan membuka acara secara resmi. Menurut laporan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Izwar Asfawi , Selama kegiatan manasik haji berlangsung, seluruh calon jamaah haji yang berjumlah 47 orang diinapkan di asrama haji selama 2 hari. Mereka berasal dari beberapa kecamatan di kabupaten natuna dengan rincian 26 dari bunguran timur, 3 orang bunguran timur laut, 4 orang bunguran tengah, 1 orang kecamatan serasan, 4 orang dari midai, 1 orang asal pulau tiga, dan 3 orang dari bunguran utara. Selama pemondokan di asrama haji Natuna, mereka diberi pasilitas makan, tempat tinggal, dan kesehatannya dicek.
“Dua orang calon jamaah haji yang menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Natuna yaitu, Budi Darma yang bertugas sebagai tim pembimbing haji daerah Kabupaten Natuna dan Juanda sebagai tim kesehatan haji daerah Natuna.” tutur Izwar.

Selain itu, para calon jamaah haji nantinya akan diberikan pembekalan sebelum berangkat ke tanah suci , yang akan diberikan narasumber dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri, Kementerian Agama Kabupaten Natuna, Ikatan Persatuan Haji Indonesia (IPHI) Natuna, Dan Dinas Kesehatan Natuna. Pembekalan ini sangat penting, agar jemaah haji yang mau berangkat ke tanah suci, dapat memahami dan mengerti kegiatan apa yang akan dilakukan selama naik haji.

Jemaah haji Natuna tergabung dalam kloter satu embarkasi Batam yang terdiri dari jemaah calon haji Kabupaten Anambas, Lingga dan Kabupaten lainnya di Kepulauan Riau. Mereka akan diberangkatkan ke batam pada tanggal 6 agustus, dan akan terbang ke madinah pada tanggal 9 agustus. >>Roy

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.