mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

BPN Kotamobagu Target 10 Ribu Sertifikat

Published on Oct 12 2017 // Ragam

Kotamobagu, (MR) – Pentingnya Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap kepada masyarakat, Selasa. (03/10) di lapangan desa Kopandakan. Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Kotamobagu optimistis penyertifikatan 10.000 bidang tanah di Kota Kotamobagu lewat proyek Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bisa selesai lebih cepat dari target awal. Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Kotamobagu, Deany Keintjem, mengatakan pelaksanaan proyek PTSL di Kota Kotamobagu awalnya ditarget rampung pada Desember 2017.

Namun, setelah melihat per-kembangan di lapangan, dia optimistis proses penyertifikatan 10.000 bidang tanah di Kotamobagu bisa selesai  tepat waktu. Deany menyebut proses penyertifikatan tanah di Kotamobagu berjalan lancar juga berkat dukungan warga pemohon dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

“Jajaran BPN berterima kasih atas dukungan warga dan Pemkot Kotamobagu. Kami berharap proses penyertifikatan tanah lewat PTSL di Kotamobagu bisa terus berjalan dengan lanjar, terhindar dari berbagai masalah, dan selesai tepat waktu,” kata Deany.

Deany menyampaikan setelah pelaksanaan PTSL, BPN Kotamobagu bekerja sama dengan Pusat Data dan Informasi Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN dan Perusahaan CV Mitra Global bakal mulai memetakan seluruh bidang tanah di Kotamobagu dengan menggunakan SKY Mapper (Pesawat tanpa awak).

“Kegiatan itu untuk mendukung kebijakan satu peta (one map policy) dari Kementerian ATR/BPN. Dia menyebut sengketa tanah di Kotamobagu bisa diminimalkan jika seluruh bidang tanahnya telah dipetakan,” ungkap Deany. Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara meminta warga yang telah mendapat sertifikat tanah dari pelaksanaan proyek PTSL bisa lebih giat merawat lingkungan sekitar.

Dia berpesan jangan sampai tanah sudah berubah status menjadi hak milik warga tapi tidak dirawat dengan baik, terang Walikota. Sangadi Desa Kopandakan, Muslim Tungkagi mengatakan kegembiraan masyarakat bisa memperoleh sertifikat tanah dari pemerintah dan diberikan secara gratis kepada masyarakat lewat PTSL “Hari ini Allah mengabulkan doa kami melalui pelaksanaan program pemberian sertifikat tanah dari pemerintah,” kata Tungkagi di hadapan ratusan pejabat Pemkot dan BPN yang mengikuti kegiatan penyuluhan. >>Neni

Leave a comment