mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Benahi Keterwakilan Perempuan Dalam Jabatan Publik dan Politik di Teluk Bintuni

Published on Jun 03 2018 // Papua Barat
Bintuni, (MR)
Peranan sosok perempuan terhadap pembangunan dalam era globalisasi khususnya di teluk bintuni dinilai perlu lebih ditingkatkan. Partisipasi aktif perempuan dalam dunia politik , sebagai pengambil keputusan di eksekutif , legislatif serta yudikatif , dalam rangka mendorong kesetaraan gender , harus mendapat perhatian khusus sesuai amanat dalam Permen P3AKB Nomor 10 Tahun 2015.
Menyikapi hal tersebut , Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (DP3AKB) Teluk Bintuni menggelar Workshop Keterwakilan Perempuan Dalam Jabatan Publik dan Politik , yang dibuka secara resmi oleh Bupati Teluk Bintuni , Ir. Petrus Kasihiw, MT , bertempat di Cenderawasih Room Lt 2 Stenkol Hotel , Rabu (30/5).
Dalam sambutannya , Bupati menekankan pentingnya peranan perempuan dalam pembangunan , yang diyakini dapat memberikan dampak positif khususnya dalam hal perilaku. Apabila dibandingkan dengan laki – laki , dikatakan Bupati bahwa Perempuan cenderung lebih memiliki perilaku lebih baik.
Hal tersebut telah diwujudkan dalam Birokrasi Lingkup Pemkab Teluk Bintuni , dengan ditunjuknya beberapa Tokoh Perempuan yang menduduki jabatan strategis , eselon 2.
“Perempuan jika dibandingkan dengan laki2 punya kecenderungan perilaku yang lebih baik. Tentu juga tidak semua laki2 berperilaku buruk , yang punya 01 , 02 dan seterusnya” canda Bupati.
“Dalam kabinet saya , ada 3 tokoh perempuan hebat yang menduduki jabatan eselon 2 , dan jabatan strategis lainnya seperti Sekretaris OPD dan eselon 3. Ini bukti bahwa saat ini perempuan bisa berbuat banyak” lanjutnya.
Menurut Bupati , jelang Pileg 2019 , kaum perempuan diminta bersatu mendukung Caleg Wanita yang maju berebut kursi dewan. Karena jika bukan karena suara dari kaum perempuan , maka sia – sialah usaha caleg wanita.
“Kiprah perempuan dari waktu ke waktu diharapkan meningkat. Bagi para wanita , jangan takut untk berkarir di birokrasi maupun politik jelang pileg 2019 , terlepas dari itu semua tentu jangan lupakan tugas pokok sebagai seorang ibu rumah tangga” imbau bupati melanjutkan.
Sementara itu , Adam Bekti Nugraha , Kabid Kesetaraan Gender HANKAM yang diundang sebagai pemateri dalam kegiatan ini mengatakan bahwa peningkatan keterwakilan perempuan dalam jabatan publik maupun politik agar menipiskan kesenjangan yang selama ini terjadi antara pria dan wanita.
“Menteri P3AKB Maret lalu , melalui surat edaran kepada K/L telah menginstruksikan agar perempuan yang mumpuni kapasitas maupun golongan , agar bisa didorong menduduki jabatan dalam birokrasi. Itu salah satu bukti bahwa Kementrian P3AKB serius menipiskan GAP kesenjangan antara Laki2 dan Perempuan” ujar Adam.
Dalam kegiatan ini turut dihadiri Perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana , Agam Subekti , Perwakilan Kesbangpopl Provinsi Papua Barat , Kapolres Teluk Bintuni , Kepala OPD di lingkup Pemkab , serta sejumlah Tokoh Wanita. >>Mon/HS

Leave a comment