mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Batangharjo Wujudkan Dana Desan 100 %

Published on Dec 30 2017 // Nusantara
Lampung Timur, (MR)
Capaian alokasi dana desa dalam tiga tahun terakhir dinilai berhasil mengubah wajah kawasan perdesaan di Indonesia. Program ini diyakini mampu mempersempit kesenjangan sosial dan ekonomi di Indonesia.
Desa batangharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur contohnya, memanfaatkan Dana Desa untuk membangun beberapa kegiatan, sekitar 79 persen Anggaran dari Dana Desa untuk fisik dan sisanya untuk pelatihan pemberdayaan masyarakat.
Sunaryo,S.Ag selaku Kepala Desa menuturkan, “untuk tahun 2017 ini anggaran dana desa yang dikucurkan pemerintah sebesar Rp 792.000.000 dan manfaatkan sekitar 79 persen untuk pembangunan infrastruktur dan kami letakan di setiap dusunnya, yakni lapen sepanjang 2.470 meter di dusun 2, 3, 4, 5 dan 6, gorong-gorong 12 unit yang diletakkan di dusun yang sama, 21 persen kami giatkan untuk pemberdayaan masyarkat yaitu pelatihan kader hukum, kader posyandu, kader sosial, dan untuk Bumdes,” paparnya, minggu (24/12/2017).
Dikatakannya, saat ini pihaknya juga terus berupaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. “Kita percaya jika niat itu didasari dengan keihkasan pasti keinginan kita akan terkabul,” ujar Sunaryo sapaan akrabnya kepada wartawan Media Rakyat.
Dirinya berharap, agar seluruh masyarakat turut serta berperan aktif dalam pembangunan. Sebab, tanpa kerja sama yang baik antara pemerintahan dan masyarakat, semua itu sulit terwujud. “Untuk itu, mari kita sama-sama berpola pikir yang positif agar tumbuh rasa kebersamaan untuk membangun, memelihara dan memiliki Desa, sehungga nantinya infrastruktur yang sudah terealissi bisa dinikmati bersama-sama,” tutupnya. >>Imam/And

Leave a comment