mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Bantuan tak Kunjung Datang, Sekolah Dibiarkan Terlantar Siswa Terpaksa Numpang Belajar di Sekolah Lain

Published on Sep 24 2012 // Pendidikan

Garut,(MR)
LANTARAN tidak kunjung datang bantuan dari pemerintah bangunan Sekolah Dasar (SD) Situgede V di Desa Situgede Kecamatan Karangpawitan, Garut Jawa Barat di biarkan terlantar. Tiga ruang kelas yang seharusnya digunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (K-B-M) kini hanya tinggal rangkainya saja. Sementara puluhan siswa terpaksa harus menumpang di Sekolah Dasar (S-D) tetangga yang jaraknya cukup jauh. Meskipun siswa yang lain masih bertahan di kelas yang kondisinya cukup memprihatinkan. Padahal sekolah tersebut sudah berkali kali mengajukan bantuan ke pihak pemerintah namun sampai saat ini belum ada perhatian.
Ruang kelas yang seharusnya digunakan untuk belajar siswa kelas VI kelas III dan kelas II ini dibiarkan begitu saja, padahal rusaknya banguan kelas ini sejak tahun 1994. Bangunan ruang kelas ini hanya terlihat rangka besi dengan kondisi atap bangunan dan tembok yang sudah hancur. Belum lagi lokasi bangunan sekolah tersebut berada di tebing.
Sementara siswa kelas I kelas IV dan kelas V tetap belajar di SD Situgede V,sedangkan siswa kelas III kelas II dan kelas VI terpaksa harus belajar menumpang ke SD Situgede IV yang jaraknya sekitar 3 kilometer dari SD tersebut.
Menurut salah seorang siswa kelas V Kuswandi mengatakan karena ruang kelas rusak sehingga siswa yang lainnya terpaksa menumpang di sekolah lain. meskipun jarak tempuhnya sekitar 3 kilometer dari sekolah tersebut.Namun siswa terpaksa karena tidak ingin ketinggalan pelajaran. Harapannya ingin segera di bangun agar bisa belajar bersama lagi.
Sementara menurut Kepala Sekolah SD Situgede V, Busro Nulkarim S.Pd menjelaskan, di telantarkannya SD tersebut sejak tahun 1994 karena kondisi bangunan yang sudah tua. Semenjak tahun 2009 karena kondisi bangunan semakin parah sehingga siswa kelas III kelas II dan kelas VI terpaksa harus menumpang belajar di sekolah lain, karena kalau di paksakan belajar di ruang tersebut kawatir dengan keselamatan siswa. Harapannya sekolah tersebut segera mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat sehingga siswa bisa kembali nyaman belajar. >>H Ade

Leave a comment