mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Awasi Dana Desa, Pemda dan Polres Teluk Bintuni Tandatangani MOU

Published on Nov 18 2017 // Ragam

Bintuni, (MR) – Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni  adakan Penanda Tanganan MOU Dengan Polres Teluk Bintuni dalam rangka Pengamanan dan Pengawasan Dana Desa yang di laksanakan di aula KPU Bintuni, Rabu 8 November 2017.

Dalam sambutan wakil Bupati KabupatenTeluk Bintuni Matret Kokop SH mengatakan, dana desa yang telah di kucurkan oleh pemerintah perlu adanya pengawasan aparat keamanan. “Dengan ada program dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat, maka perlu adanya pengawasan oleh aparat keamanan sehingga program dana desa tersebut bisa tepat sasaran,” ujarnya.

Dengan adanya Pengawasan dari aparat keamanan, bukan untuk mempersempit ruang gerak para kepala kampung/kepala desa dalam mengelola dana desa, melainkan bertujuan agar dana desa tersebut bisa tepat sasaran untuk mensejahterakan masyarakat Teluk Bintuni.

Sedangkan Dalam arahanya Kepala inpekstorat Pemerintahan Teluk Bintuni  I Wayan Sidia mengatakan, MOU tersebut sebelumnya telah di lakukan oleh seluruh kepala Daerah dan di sasikan oleh seluruh pimpinan DPRD di Papua Barat. “Pada 2015 di Manokwari, Papua Barat di gedung wanita, kita sudah menandatangani MOU yang di lakukan oleh seluruh kepala daerah dan wali Kota, dan seluruh ketua DPRD se- Papua Barat dan di saksikan oleh Kapolda,” ujarnya.

Dengan wilayah yang begitu besar dan letak grografis yang cukup menantang di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni, sehingga dana desa perlu di kawal kata Kepala Inspektorat. Selain itu Juga dalam Pengelolaan Dana Desa tersebut juga harus melibatkan masyarakat dengan membuat program seperti padat Karya, yang di kerjakan oleh masyarakat dan tidak di pihak ketigakan.

Dalam upaya pencegahan penyelewengan Dana Desa tersebut, Badan Inspektorat telah berupaya untuk melakukan pencegahan korupsi Dana Desa melalui sosialisasi, dengan melibatkan Tim Dari Saber pungli. “Dari Badan Inspektorat juga telah melakukan sosialisasi pencegahan korupsi Dana Desa yang di lakukan di distrik Babo, dan dari Badan Inspektorat juga akan menyiapkan SDM untuk mengikuti diklat dari KPK,” pungkasnya. >>HS

Leave a comment