mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Awal Tahun 2012 Mobil Pribadi Dilarang Pakai Premium

Published on Nov 21 2011 // Berita Utama

Jakarta, (MR)

Pemerintah menegaskan kembali bahwa kendaraan pribadi di wilayah Jawa dan Bali tidak boleh menggunakan bahan bakar minyak (BBM) subsidi (premium) pada April 2012. Itu sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Angga-ran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012. Dengan larangan tersebut, kuota BBM subsidi diharapkan tidak akan melewati batas yang telah ditentukan, yaitu 40 juta kl.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widjajono Parto-widagdo di Kantor Kemen-terian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Jumat (18/11). “Mobil pribadi harus pakai Pertamax, soalnya kan kaya,” ujarnya.

Widjajono mengaku sedang berkoordinasi dengan Kemenkeu terkait dengan kebijakan subsidi BBM dan listrik untuk tahun depan. Ter-kait dengan teknis pembatasan BBM subsidi, Widjajono belum bisa memberikan penje-lasan karena masih harus dibahas lebih lanjut oleh jajaran kementeriannya.

Namun ia menyebutkan bahwa pembatasan konsumsi BBM subsidi tidak akan menggunakan instrumen smartcard. “Mobil pribadi nanti diarahkan saja untuk mengisi yang nonsubsidi di SPBU,” katanya. >>Tedy Sutisna

Leave a comment