Awal Februari, Kenaikan HPP Beras Diumumkan

Jakarta,(MR)

Pemerintah mengundurkan waktu untuk menetapkan kenaikan harga pembelian pemerintah (HPP) pada gabah dan beras hingga awal Februari 2012. Usulan kenaikannya masih dikaji di masing-masing kementerian.

Demikian diungkapkan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa. “Jadi masing-masing kementerian akan mendalami lagi,” ujarnya usai rapat koordinasi pangan di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Kamis (26/1).

Pemerintah berencana untuk menaikkan harga HPP pada gabah dan beras sebesar 27%-28% dari HPP saat ini.

Besaran HPP saat ini yang tercantum dalam Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2009 tentang Kebijakan Perberasan yakni harga gabah kering panen (GKP) yang dipatok di tingkat petani Rp2.640/kg dan di penggilingan Rp2.685/kg. Untuk HPP gabah kering giling (GKG) di penggilingan sebesar Rp3.300/kg dan di gudang Bulog Rp3.345/kg. Untuk HPP beras dipatok Rp5.060/kg.

Hatta tidak mau menyebutkan HPP yang baru. Dia memastikan kenaikan HPP akan diumumkan bersamaan dengan dikeluarkannya instruksi Presiden.”HPP itu di awal bulan Februari sudah harus kami putuskan. Pokoknya di awal Februari harus sudah selesai. Nanti kalau sudah selesai kami kasih tahu. Nanti diputuskan dengan Inpres pada awal Februari. Tinggal seminggu lagi. Tunggu inpres keluar ya,” katanya. >> Eka Lesmana

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.