mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Aswari Pimpin Upacara Peringatan Hari PGRI ke-72 dan HGN ke-23 Tahun 2017

Published on Dec 12 2017 // Pendidikan
Lahat, (MR)
Pemerintah dan masyarakat Indonesia memberi aprisiasi sangat tinggi kepada para guru dan seluruh sumber daya, instansi yang memiliki andil langsung atau tidak langsung dalam membangun dibidang pendidikan dan kebudayaan.
Diadakannya upacara peringatan hari Persatuan Guru Indonesia (PGRI) ke-72 dan Hari Guru Nasional ke- 23 sebagai puncak peringatan, bertempat di lapangan upacara SMKN 1, selaku pemimpin upacara Bupati Lahat H.Saifudin Aswari,SE, diikuti ribuan guru sekotah Lahat, dan melibatkan siswa SD, SMP, dan SMA, Sabtu (25/11/17).
Beberapa hari yang lalu kegiatan HUT PGRI dan HGN diawali dengan berziarah kemakam pahlawan Puspa Bhakti, yang diteruskan dengan silaturahmi dan memberikan bantuan dan bingkisan berupa sembako untuk lima panti asuhan yang ada dikota Lahat. Peringatan HUT PGRI dan HGN tahun ini mengemban tema, membangkitkan kesadaran kolektif guru dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja untuk menguatkan pendidikan karakter. Guru mengabdikan diri sesuai dengan tugas dan tanggung jawab profesionalnya.
Profesionalitas, komitmen, pengabdian dan talenta para guru dibidang pendidikan, pembelajaran, dan pembudayaan tanpa mengenal batas ruang dan waktu demi masa depan anak bangsa, untuk mencapai puncak peradaban pribadi, sosial dan kedewasaan kebangsaan dan bernegara. Mereka menjadi sumber daya utama dalam memerankan fungsi yang sangat strategis dalam melakukan trasformasi proses pendidikan dan pembelajaran, termasuk pembudayaan, yang akan membawa peserta didik mencapai puncak peradaban itu. Tak hanya sebagai pengajar mata pelajaran saja namun guru mampu berperan sebagai fasilitator yang membantu anak didik mencapai target pembelajaran.
Guru bertindak sebagai garda terdepan yang membantu anak didik dalam menyaring berbagai pengaruh negatif yang berdampak tidak baik bagi perkembangannya. Seorang guru juga mampu berperan sebagai penghubung anak didik dengan berbagai sumber sumber belajar yang tidak hanya didalam kelas atau sekolah.sebagai katalisator guru juga mampu mengali dan mengoptimalkan potensi setiap anak didik. Ucapan Selamat Hari PGRI dan Hari Guru yang disampaikan oleh Bupati Lahat, dipundak para guru masa depan pendidik, pembelajar, dan pembudaya, peserta didik akan tumbuh dan terus berkembang.
“Saya atas nama pribadi dan pemerintah menyampaikan ucapan terimaksih dan penghargaan setinggi tingginya atas komitmen keprofesian, prestasi, dedikasi tanggung jawab dan segala yang telah dilakukan oleh para guru dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” sambutan Menteri pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendi, yang disampaikan oleh Kak Wari (panggilan akrab Bupati Lahat).
Lebih lanjut, “Mari kita jadikan HUT ke-72 PGRI dan HGN ini sebagai sebagai semangat untuk harus membangun peradaban bangsa Indonesia sehingga menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter, dan mampu bersaing dalam kanca pergaulan Internasional,” katanya lagi.
Adanya pemotongan nasi tumpeng oleh kak Wari, pembagian hadiah 3 sepeda, 3 kompor gas dan baju kaos, untuk guru yang bisa menjawab kuis dari Bupati. >>Nur  

Leave a comment